Meminimalisir Angka Laka Lantas, Sopir Bus Diimbau Tertib Berlalulintas dan Tidak Ugal-ugalan

Iklan Semua Halaman

Meminimalisir Angka Laka Lantas, Sopir Bus Diimbau Tertib Berlalulintas dan Tidak Ugal-ugalan

14/05/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Maraknya aksi ugal-ugalan para sopir bus  di jalur Pantura Situbondo, kondisi  tersebut menjadi perhatian khusus  petugas Satlantas Polres Situbondo. Bahkan, Kasatlantas AKP Tutud Yudho Prastyawan, mengancam akan memberikan sanksi tegas kepada sopir bus ugal-ugalan tersebut.



"Kami sengaja bersama Dishub dan dinas terkait di Situbondo,  menghimbau kepada para  sopir bus untuk tertib berlalulintas dan 

tidak kebut-kebutan di jalan. Ini dilakukan untuk meminimalisir angka lantas di jalur Pantura Situbondo,"ujar AKP Tutud Yudho Prastyawan, Kasatlantas Polres Situbondo, Selasa (14/5/2024).


Menurut dia, selain menghimbau para sopir bus  untuk tertib berlalulintas dan tidak ugal-ugalan saat di jalan raya, pihaknya juga memeriksa kesehatan para sopir dan kru  bus di terminal di Kota Situbondo.


"Selain cek kesehatan para sopir dan kru bis, kami juga cek kondisi bus antar kota dan antar provinsi di terminal di Kota Situbondo. Alhamdulillah para sopir dalam kondisi sehat, serta tidak menkonsumsi narkoba. Bahkan, seluruh kondisi bus juga laik,"bebernya.



Pria yang akrab dipanggil Yudho menegaskan, jika pihaknya  masih tetap  mendapati  para sopir bus  kebut-kebutan di jalan raya, khususnya di jalur pantura Situbondo, yang merupakan jalur pantura terpanjang di Jawa Timur, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan  sanksi   kepada sopir ugal-ugalan tersebut.


"Selain akan memberikan sanksi tegas berupa sanksi  tilang, namun untuk memberikan efek jera, kami akan. memarkir kendaraan bus tersebut di halaman depan Mapolres Situbondo selama dua bulan,"ancam AKP Yudho.


Lebih jauh AKP Yudho menegaskan, pihaknya sengaja menghimbau kepada para sopir bus di terminal  Kota Situbondo, lantaran ada  video sopir bus ugal-ugal di jalur pantura Situbondo. Bahkan, video sopir bus ugal-ugalan tersebut viral di medsos.


"Makanya, saya imbau para sopir bus di terminal Situbondo, agar tertib berlalulintas dan tidak ugal-ugalan. Selain membahayakan terhadadap penumpangnya, namun  aksi kebut-kebutan sopir bus  juga akan  membahayakan terhadap para  pengendara lain,"pungkasnya.(ary)