85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

Iklan Semua Halaman

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16/05/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, melantik sebanyak 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 17 Kecamatan di Kabupaten Situbondo. Pengambilan sumpah dan pelantikan puluhan PPK untuk Pilkada Situbondo dan Pilgub Jatim 2024, dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Situbondo, Kamis (16/5/2024).


Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, karena tahapan Pilkada serentak tahun 2024 sudah berjalan, pihaknya meminta kepada puluhan PPK yang baru dilantik, agar menjalankan  tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.


"Kami meminta anggota  PPK yang dilantik, untuk mengawal tahapan Pilkada yang berjalan, yakni rekrutmen PPS akan berjalan lancar tanpa kendala, sehingga tidak ada tanggapan dari masyarakat,"ujar Marwoto, ketua KPU Situbondo.


Menurut dia, pihaknya juga meminta kepada PPK, untuk  berkomunikasi langsung  dengan PPS terpilih, untuk membahas Pantarlih, karena  Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan  (DP4) Pilkada serentak 2024 sudah diterima oleh KPU RI.


"Mengingat TPS Situbondo jumlahnya  berkurang hampir separuh dari TPS Pemilu. Pada Pilkada Situbondo jumlah TPS 1.185, sedangkan pada Pemilu TPS di Situbondo 2.015 TPS,"bebernya.


Lebih jauh Marwoto menjelaskan, dari jumlah total 85 anggota PPK yang dilantik, sebanyak 75 persen merupakan wajah baru. Tujuannya, untuk  memberikan kesempatan kepada yang lain, untuk berpartisipasi aktif sebagai penyelenggara. Sedangkan untuk keterwakilan sekitar 24 persen.


"Jadi dari total sebanyak 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, hanya dua kecamatan anggota PPK semuanya wajah lama, yakni kecamatan Suboh dan Besuki,"katanya.


Pantauan dilapangan, usai dilantik, sebanyak 85 anggota PPK langsung mengikuti Bimtek. Selanjutnya, masing-masing PPK pada 17 kecamatan  di Kabupaten Situbondo, mereka  memilih ketua dan divisi.(ary)