Harga Gula Pasir Tembus Rp18 ribu Perkilogram di Situbondo

Iklan Semua Halaman

Harga Gula Pasir Tembus Rp18 ribu Perkilogram di Situbondo

28/04/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Situbondo,Harga gula pasir terus merangkak naik di Situbondo. Saat ini, harga gula pasir mencapai Rp18 ribu perkilogram. Padahal, sebelumnya harganya sebesar Rp17 ribu perkilogram disejumlah tradisional di Situbondo.


Ironisnya, meski harganya terus merangkak naik, namun kenaikan harga gula pasir tersebut,   tidak menyurutkan  warga untuk membeli gula pasir. Bahkan, sejumlah toko kelontong di Situbondo, mereka mengaku bisa menjual 30 hingga 40 kilogram setiap hari.


Salah seorang pemilik toko kelontong di pasar Mimbaan Baru, Situbondo Lia, (45) mengatakan, meski harga gula terus merangkak naik dalam sepekan terakhir, namun hal tersebut tidak menyurur warga Situbindo. Bahkan, pembeli gula pasir  cukup meningkat.


"Diakui  pembeli gula pasir terus meningkat, namun jumlah pembeli juga terus meningkat. Padahal, saat ini, harga gula pasir mencapai Rp18 ribu perkilogram,"bebernya.


Menurut dia, salah satu faktor meningkatnya  harga gula pasir Situbondo, karena saat ini di Situbondo musim hajatan, sehingga warga yang punya tanggungan untuk  mengembalikan gula pasir, mereka mengaku terpaksa mengembalikan kepada yang punya 


"Dugaan sementara, gara-gara musim hajatan. Sekarang hajatan hampir tiap hari, dari selamatan mantenan, sunatan dan nikahan,"katanya.



Dikatakan Lia, harga gula yang cukup tinggi tentu memberatkan bagi pembeli. Tak jarang, setiap kali ada pembeli mengeluh jika harga gula terlalu mahal. Apalagi, satu orang membeli dengan jumlah banyak. 


"Mau gimana lagi, yang bikin mahal dari pusat. Tidak tahu karena faktor apa, untung stok khusus gula lokal masih aman. Tapi kalau gula kemasan memang kosong,"pungkasnya.


Nur, salag seorang emak-emak asal Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota mengatakan,  diakui  harga gula pasir di sejumlah toko ada yang tembus Rp. 18 ribu. Tapi, harga mahal tersebut banyak terjadi disejumlah toko pedesaan. Untuk harga gula di pasar masih Rp 17,ribu perkilogram.


"Kalau di toko kecil banyak yang mahal, ya mungkin ambil  upah Rp 500, kan harga gula di pasar sudah mencapai Rp 17,500,"ujar Nur.(ary)