Besok Ratusan Massa Sarbumusi Situbondo, Akan Melakukan Aksi. Turun ke Jalan

Iklan Semua Halaman

Besok Ratusan Massa Sarbumusi Situbondo, Akan Melakukan Aksi. Turun ke Jalan

30/04/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ratusan massa yang mengatasnamakan Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Situbondo, berencana akan melakukan aksi turun ke jalan, untuk memperingai Hari Buruh Internasional (May Day) pada Rabu (1/5/2024) hari ini.


Dalam melakukan  aksi long march dari titik kumpul didepan Pabrik Gula (PG) Panji menuju ke Kota Situbondo, dengan tujuan utama ke Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkab Situbondo, Jawa Timur.


Selain membagikan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu di Kabupaten Situbondo, namun   DPC Sarbumusi Situbondo, juga akan menyampaikan empat  tuntutan dalam  memperingati May Day tahun 2024.


1-Tolak upah murah UMK terendah di Jawa Timur.

2-Sejahteran buruh melalui jaminan sosial, sesuai janji Bupati Karna Suswandi pada May Day tahun 2023 lalu.

3-Menuntut THR 2024 yang tidak sesuai dengan Surat Edaran (SE) Pemerintahan Kabupaten Situbondo.

4-Menuntut pemerintah pro aktif dalam menyelesaikan masalah perusahan yang melanggar aturan.


Ketua DPC Sarbumusi Situbondo Lukman Hakim mengatakan, salah satu tuntutan adalah menagih janji Bupati Karna Suswandi, pada peringatan May Day tahun 2024 lalu, yakni berjanji akan mensejahterakan buruh pada May Day tahun 2023 lalu.


"Yang pasti, ratusan massa DPC Sarbumusi Situbondo, mereka akan melalui aksi turun jalan dengan cara damai. Kami juga akan melakukan  orasi untuk menyampaikan empat tuntutan tersebu,"ujar Lukman Hakim, ketua DPC Sarbumusi Situbondo, Selasa (30/4/2024).


Menurut dia, usai berkumpul dititik kumpul  pertama didepan PG Panji  Situbondo, ratusan massa DPC  Sarbumusi Situbondo,, mereka melakukan long march sembari membagikan ratusan paket kepada warga kurang mampu.


"Ada sekitar 300 paket sembako yang akan diberikan warga kurang mampu di Situbondo,"pungkasnya.(ary)