Tiga Bulan Tinggal di Kebun Pisang, Penyandang PMKS Diserahkan ke Dinsos

Iklan Semua Halaman

Tiga Bulan Tinggal di Kebun Pisang, Penyandang PMKS Diserahkan ke Dinsos

30/01/2024


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Setelah videonya viral di media sosial (Medsos), seorang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) bernama Heru Agus Suprayitno (52), y tidur dan  tinggal di  kebun pisang selama tiga bulan di Dusun Tenggir Barat, Desa Tenggir, Kecamatan  Panji,  Situbondo.


Akhirnya PMKS yang diketahui penglihatannya terganggu,  akibat menderita penyakit  katarak, diserahkan oleh perangkat Desa Tenggir, Kecamatan Panji ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Situbondo, agar pria yang akrab dipanggil Heru direhabilitasi.


:Namun, sebelum Heru  diserahkan  ke Kantor Dinsos Pemkab Situbondo, rambutnya dipotong dan dimandikan oleh  perangkat desa,"ujar Masduki, Sekretaris  Desa (Sekdes) Tenggir, Kecamatan Panji, Situbondo, Selasa (30/1/2024).


Menurut dia, pihak desa baru tahu, jika  seorang  penyandang PMKS tinggal dan tidur di kebun pisang di areal persawahan di dusun tenggir barat. Itupun.setelah videonya viral di medsos, sehingga pihaknya langsung mengantarkan Heru  ke Kantor Dinsos Pemkab Situbondo.


"Bahkan, saat dilakukan perekaman KTP di Kantor Dispendukcapil Situbondo, ternyata alamatnya  di  Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji. Meski demikian, kami tetap mengantarkan ke Dinsos Situbondo agar direhabilitas,"bebernya.


Sementara itu, Kepala Kantor Dinsos Pemkab Situbondo Timbul Soerjanto membenarkan, jika perangkat Desa Tenggir, menyerahkan seorang PMKS bernama Heru, yang sebelumnya diketahui tidur dan tinggal di kebun pisang setempat.


"Namun, sebelum  PMKS bernama Heru dirujuk ke Balai Pelayanan Sosial PMKS jalanan di Sidoarjo, untuk beberapa hari ke depan dia di  tempatkan di shelter Kantor Dinsos Situbondo,"kata Timbul.(ary)