Diguyur Hujan Deras, Plengsengan Sepanjang 21 Meter di Desa Curahtatal Longsor

Iklan Semua Halaman

Diguyur Hujan Deras, Plengsengan Sepanjang 21 Meter di Desa Curahtatal Longsor

28/11/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Plengsengan sepanjang 21 meter dan tinggi 4 meter pada dua titik di jalan Dusun Betellok, Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Situbondo longsor, setelah hujan deras yang disertai angin kencang melanda kawasan tersebut.


Selain itu, hujan deras dengan intensitas tinggi, juga mengakibatkan jalan aspal di sepanjang Dusun Betellok retak, sehingga ratusan Kepala Keluarga (KK) terancam terisolir.


Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka, dalam bencana alam tanah longsor tersebut, mengingat saat kejadian arus lalin di daerah terpencil sepi atau tidak ada yang melintas. Padahal, proyek aspal dan plengsengan baru selesai dikerjakan.


"Saya berharap dinas terkait Pemkab Situbondo segera memperbaiki plengsengan yang longsor tersebut, karena jalan ini merupakan satu-satunya akses warga untuk ke pasar,"ujar Misyono, salah seorang warga setempat, Senin (27/11/2023).


Kepala BPBD Kabupaten Situbondo  Sruwi Hartanto mengatakan, diakui ada dua titik plengsengan yang longsor, akibat diterjang hujan deras yang  disertai angin kencang, titik pertama sepanjang 9 meter, sedangkan titik kedua sepanjang 12 metet plengsengan yang longsor.


"Selain itu, jalan aspal sepanjang  jalan dusun betellok juga retak akibat diterjang hujan deras yang disertai angin kencang,"kata Sruwi Hartanto.(ary)