Sukseskan Pemilu Serentak 2024 Tanpa Hoax, KPU Situbondo Gandeng Media

Iklan Semua Halaman

Sukseskan Pemilu Serentak 2024 Tanpa Hoax, KPU Situbondo Gandeng Media

15/12/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Untuk mewujudkan Pemilu serentak tahun 2024 yang demokratis dan berintegritas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, menggelar Media Gathering bersama insan pers di salah satu hotel di Kota Situbondo, Jumat (15/12/2023).


Selain menggandeng para wartawan yang tergabung dalam PWI, dan sejumlah wartawan elektronik, cetak dan online di Situbondo, KPU juga menggandeng sejumlah Ormas di Kota Situbondo, untuk mensukseskan Pemilu serentak Tahun 2024 tanpa hoax.


Namun, dalam media gathering dengan tema "Peran media dalam mensukaeskan penyelenggaraan Pemilu. Deklarasi Pemilu 2024 tanpa hoax". KPU Situbondo mendatang dua orang pemateri, yakni Ustadz Dr Ahmad Nur Wakil Rektor STAINH Nurul Huda, dan Ahmad Faridl Ma'ruf, ketua Bawaslu Situbondo.


“KPU Situbondo sengaja membangun sinergi dengan media, mengingat peran media sangat efektif menyampaikan informasi, untuk meningkatkan partisipasi dan mendorong masyarakat agar melek politik, termasuk dalam melawan  berita hoax," ujar Marwoto, ketua  KPU Situbondo, Jumat (15/12/2023).


Menurut dia, karena saat ini penyebaran informasi hoax melalui medsos sudah tak terbendung lagi, sehingga untuk mewujudkan Pemilu serentak tahun 2024 tanpa hoax, pihaknya meminta kepada para awak media di Situbondo, agar mengawal setiap tahapan Pemilu.


“Untuk mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 tanpa hoax, kami akan melibatkan media untuk mengawal setiap tahapan Pemilu serentak hingga tuntas,”katanya.


Sementara itu, Ustadz Dr Ahmad Nur, dalam materinya mengatakan, jika peran media sangat vital untuk mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 tanpa hoax. Mengingat media bisa membentuk opini publik.


“Makanya, untuk mengimbangi informasi hoax yang sudah tidak  terbendung lagi di Medsos, peran media sangat penting,"katanya.(ary)