Antisipasi Abrasi, Forkopimda Situbondo 1000 Bibit Mangrove di Pantai Cemara

Iklan Semua Halaman

Antisipasi Abrasi, Forkopimda Situbondo 1000 Bibit Mangrove di Pantai Cemara

30/11/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Untuk mengantisipasi terjadinya abrasi disepanjang pantai utara Situbondo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo, menanam sebanyak  1.000 bibit mangrove, Kamis (30/11/2023).


Kegiatan menanam ribuan bibit mangrove atau pohon bakau, dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Korps Polairud itu, terfokus di kawasan pantai Cemara, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Situbondo.


"Kegiatan penanaman ribuan  bibit dilakukan secara  serentak di  Polda dan Polres jajaran,  dalam momen   HUT Ke-78 Korps Brimob dan HUT Ke-73 Korps Kepolisian Air dan Udara (Polairud)," ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.


Menurutnya, selain untuk mencegah terjadinya abrasi di sepanjang pantai utara Situbondo, khususnya di  Pantai Cemara  juga sebagai  upaya mencegah terjadinya pemanasan global akibat perubahan iklim.


"Kegiatan juga untuk menyadarkan masyarakat, terutama masyarakat  pesisir dalam menjaga kelestariann lingkungan,"katanya.


Lebih jauh AKBP Dwi menambahkan, untuk pemeliharaan tanaman bakau di kawasan wisata Pantai Cemara itu, Polres Situbondo bekerja sama dengan masyarakat dan relawan Yayasan Gajah Sumatera (Yagasu) yang fokus merestorasi lahan krisis seperti di kawasan pesisir.


"Perawatan atau pemeliharaan tanaman mangrove yang kami tanam hari ini bekerja sama dengan Yayasan Gajah Sumatera, hingga mangrove benar-benar hidup dan berfungsi dengan baik," pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo Ahmad Yulianto mengapresiasi Polres Situbondo melaksanakan kegiatan penanaman mangrove untuk kelestarian lingkungan.


"Mangrove ini kan fungsinya mencegah abrasi, pengikisan pantai yang diakibatkan arus laut dan bisa merusak garis pantai termasuk pemanasan global juga,"ujar Yulianto.(ary)