Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Ribuan Siswa SMAN 1 Situbondo Mengenakan Baju Adat

Iklan Semua Halaman

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Ribuan Siswa SMAN 1 Situbondo Mengenakan Baju Adat

30/10/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Memperingati hari sumpah pemuda ke-95 Tahun 2023, ribuan siswa SMAN 1 Situbondo, mengenakan baju adat nusantara, sebagai upaya menggelorakan semangat sumpah pemuda, bahkan untuk menanamkan cinta tanah air kepada siswa, Senin (30/10/2023).


Selain itu, para orang tua siswa juga hadir, untuk menyaksikan langsung ribuan siswa-siswi SMAN 1 Situbondo, yang menunjukan kebolehannya,  dalam momen peringatan sumpah pemuda ke-95 tahun 2023.


Kepala Sekolah SMAN 1 Situbondo Martha Mila Sughesti mengatakan, selain dalam memperingati hari sumpah pemuda, namun juga bertepatan dengan bulan bahasa tahun 2023.


"Hari ini anak-anak menggunakan baju adat, menunjukan bahwa kami cinta terhadap bangsa dan tidak pernah lupa dengan budaya bangsa,"ujar Martha Mila Sughesti, Senin (30/10/2023).


Menurut dia, baru pertama para siswa SMAN 1 Situbondo, mengenakan baju adat dalam momen peringatan sumpah pemuda tahun 2023."Ini yang pertama kali di SMAN 1 sebelumnya belum ada, jadi biarlah anak-anak bisa menghargai budaya bangsa,"katanya.


Kehadiran wali murid dalam kegiatan peringatan sumpah pemuda itu, bukanlah hal baru karena memang SMAN 1 Situbondo mengijinkan orang tua datang langsung sekolah untuk melihat putra-putrinya beraktifitas, dan hal tersebut dulakukan setiap minggu. 


"Kalau orang tua hadir itu memang setiap minggu kami buka kesempatan kepada orang tua murid untuk melihat dan mebgecek langsung putra-putrinya belajar disekolah, jadi orang tua bisa tau apa yang dibutuhkan oleh anaknya,"bebernya.


Lebih jauh Martha menambahkan, ada kebanggan tersendiri dalam momen peringatan sumpah pemuda ke-95. Pasalnya, empat siswa SMAN 1 Situbondo dinyatakan lolos seleksi beasiswa Situbondo cerdas, mereka  yangb terpilih itu  memiliki prestasi baik skala nasional maupun Internasional. 


"Alhamdulillah ada empat siswa kami yang mendapatkan beasiswa kuliah penuh dari pemerintah kabupaten dalam program Situbondo Cerdas, siswa terpilih merupakan siswa yang memiliki catatan prestasi yang dibuktikan dengan piagam baik perlombaan tingkat nasional maupun internasional, selain itu nilai akademis juga tidak boleh turun dalam 3 tahun,"imbuhnya.


Para siswa  yang terpilih, nantinya  akan mendapatkan bantuan biaya SPP sampai lulus Sarjana bahkan untuk uang makan dan hidup selama kuliah juga ditanggung pemerintah. 


"Kami berharap pada momen hari sumpah pemuda ini, agar anak-anak berserta orang tua saling support satu sama lain agar berlomba-lomba dalam metaih prestasi, terus bermimpi dan berusaha sebab tiada mimpi yang akan tercapai tanpa adanya usaha yang keras dan doa yang terus menerus,"pungkasnya.(ary)