Dua Rumah Hangus Terbakar, 11 Ekor Sapi dan Kambing Terpanggang

Iklan Semua Halaman

Dua Rumah Hangus Terbakar, 11 Ekor Sapi dan Kambing Terpanggang

17/10/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Peristiwa kebakaran hebat terjadi di Dusun Krajan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Selain mengakibatkan dua rumah semi permanen hangus terbakar. Bahkan, salah satu rumah kondisinya rata dengan tanah, Senin (16/10/2023).


Namun, ,peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, juga mengakibatkan kandang sapi dan  kambing milik korban Pak Tolak (60) ikut terbakar. Bahkan, sebanyak 11 ekor sapi dan kambing milik korban  ikut terpanggang.


Rinciannya, satu ekor sapi mati, dan delapan ekor kambing juga mati, dengan kondisi mengalami luka bakar, sedangkan dua ekor sapi masih hidup, meski  sebagian tubuhnya juga  mengalami luka bakar.


Selain itu, seluruh perabot rumah tangga milik kedua korban yang masih  bertetangga  juga ikut terbakar, dengan total kerugian materi mencapai Rp150 juta lebih. Meski demikian, tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran dua rumah, dan  kandang sapi berikut kandang kambing milik korban Tolak dan Sriwati (44).


Diperoleh keterangan, pertama kali kobaran api muncul dari rumah Tolak, namun karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang, sehingga hanya dalam jangka waktu sekitar 10 menit, kobaran api  merembet ke rumah  milik Sriwati, yang tak lain merupakan  tetangga dekatnya.


Bahkan, kobaran api juga merembet ke kandang sapi dan  kambing milik korban. Sehingga puluhan warga sekitar langsung memadamkan kobaran api, menggunakan alat seadanya. Begitu mengetahui dua rumah milik tetangganya dilalap sijago merah.


Kobaran api yang membakar dua rumah milik korban,  baru dapat dipadamkan sekitar 2 jam setelah kejadian. Itupun setelah satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Situbondo  datang ke lokasi kejadian.


"Kejadiannya sangat cepat, kobaran api cepat merembet ke rumah milik Sriwati, namun karena dikhawatirkan akan merembet ke rumah yang lain, saya langsung petugas damkar,"ujar Jamal, salah seorang tetangganya.


Kepala BPBD Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto membenarkan terjadinya kebakaran dua rumah, berikut 11 ekor dan kambing milik korban yang ikut terpanggang, satu ekor sapi mati, delapan ekor kambing juga mati, sedangkan dua ekor sapi masih hidup meski mengalami luka bakar.


"Selain mengakibatkan dua rumah hangus terbakar, namun juga mengakibatkan 9  ekor sapi dan kambing terbakar. Rinciannya, satu ekor sapi mati, 8 ekor kambing juga mati. Sedangkan penyebabnya masih dalam penyelidikan,"katanya.(ary)