Ratusan Pencinta Burung Perkutut, Ikut Latber Suara Alam Burung Perkutut 2023

Iklan Semua Halaman

Ratusan Pencinta Burung Perkutut, Ikut Latber Suara Alam Burung Perkutut 2023

10/09/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Ratusan pencinta burung perkutut di Kabupaten Situbondo,  mengikuti  latihan bersama (Latber) Kepala Desa (Kades)  Mangaran Cup I Tahun 2023. Kegiatan Latber yang dikemas  suara alam burung perkutut dilaksanakan dilapangan sepak bola setempat, Minggu (10/9/2023).


Selain diikuti para pencinta burung perkutut di Kabupaten Situbondo, namun Latber yang bertujuan untuk  menggairahkan kembali  burung  perkutut di Situbondo, juga diikuti sejumlah peserta dari  Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Probolinggo, Jember dan Sidoarjo.


Ada tiga kategori lomba dalam Latber Kades Mangaran Cup I Tahun 2023 di lapangan sepak bola setempat, yang ditandai dengan pelepasan lima ekor burung perkutut tersebut, yakni kategori  piyik junior, piyik hanging dan kelas bebas.


"Ini suatu kebanggaan bagi Desa Mangaran  yang ditunjuk sebagai tuan rumah Latber, yang dikemas Latber suara alam burung perkutut tahun 2023,"ujar Lilik Linarno, Minggu (10/9/2023).


Menurut dia, selain untuk melestarikan budaya lokal burung perkutut, namun Latber suara alam burung perkutut tahun 2023, yang memperebutkan sejumlah trophi, juga bertujuan untuk menggairahkan kembali para pencinta burung perkutut di Situbondo, paska pandemi Covid-19 di Indonesia.


"Salah satu tujuan latber ini, juga untuk meningkatkan gairah para pencinta burung perkutut di Situbondo, paska pandemi Covid-19 di Indonesia,"katanya.


Sementara itu, H Saiful mewakili Pengda Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesi (P3SI) Situbondo mengatakan, pihaknya bangga dengan banyaknya peserta Latber Kades Mangaran Cup I, selain diikuti peserta lokal di Situbondo. Namun, peserta dari sejumlah kabupaten tetangga juga ikut latber tersebut.


"Alhamdulillah, dengan banyaknya peserta dari luar kabupaten itu, menambah semarak dan persaingan perebutan trophi dalam latber Kades Mangaran Cup I,"bebernya.


Menurutnya, karena latber ini mendapat respion positif dari pencinta burung perkutut. Makanya, Kades Mangaran  merencanakan kegiatan ini, akan diagendakan menjadi agenda rutin desa Mangaran setiap tahun.


“Awalnya kita menargetkan 150 peserta, namun  ternyata latber  tersebut  mendapat respon positif dari pencinta burung perkutut, sehingga jumlah total  sebanyak 300  peserta, mereka berasal dari sejumlah daerah di Jatim. Oleh karena itu, saya menyambut baik rencana Kades Mangaran, menggelar kegiatan ini setiap tahun,"pungkasnya.(ary)