Datangi Gedung Wakil Rakyat, Forum Anak Situbondo Serahkan 29 Rekomendasi

Iklan Semua Halaman

Datangi Gedung Wakil Rakyat, Forum Anak Situbondo Serahkan 29 Rekomendasi

08/09/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Puluhan siswa dari sejumlah  SMA di Kota Situbondo,  yang tergabung dalam Forum Anak Kabupaten Situbondo, mendatangi Kantor DPRD setempat, mereka menyampaikan surat  rekomendasi kepada para wakil rakyat tersebut, Kamis (7/9/2023).


Bahkan, begitu sampai di gedung wakil rakyat, forum anak Situbondo yang didampingi Kepala DP3A2KB Imam Darmadji, mereka langsung ditemui H Lukman ketua Komisi IV diruang rapat paripurna  DPRD Kabupaten Situbondo, dalam kegiatan yang dikemas dalam  parlemen anak tersebut.


H Lukman mengatakan, setidaknya ada 29 poin rekomendasi yang disampaikan  perwakilan forum Anak Kabupaten Situbondo saat audiensi, yang  poinnya merupakan isu terkait kasus maupun permasalahan yang berkaitan dengan Anak sebagai subjeknya. 


"Dalam 29 poin itu terdapat beberapa fokus diantaranya permasalahan kekerasan pada anak, perkawinan dini terhadap anak, kawasan layak aman anak serta bullying terhadap anak,"katanya.


H Lukman  mengungkapkan rekomendasi yang sudah diterimanya itu, nanti  disebar  dan ditindaklanjuti ke beerbagai instansi terkait, agar  menjadi pertimbangan bersama dalam merumuskan kebijakan. 


"Kami akan sebarkan dan sampaikan rekomendasi ini kepada instansi terkait agar bersama-sama nantinya ditindaklanjuti dalam membuat suatu kebijakan, sehingga mempertimbangkan kebutuhan anak di kabupaten Situbondo juga," imbuhnya. 


H Lukman mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi forum anak Situbondo. Sebab, ini baru pertama kali forum anak Situbondo, yang berani menyampaikan pendapat secara langsung dalam bentuk rekomendasi.


"Ini sangat luar biasa, anak-anak sudah berani menyuarakan apa yang menjadi keluhan mereka dimasyarakat, dan ini baru pertama kalinya, apalagi sampai tersusun rapi dalam bentuk rekomendasi,"pungkasnya 


Sementara itu, Salah satu siswa yang tergabung dalam Forum Anak Kabupaten Situbondo, Dhiyaul Auliyah mengatakan, jikac kedatangnya bersama puluhan temannya tersebut membawa  harapan semua anak-anak di Kabupaten Situbondo, terutama persoalan kekekrasan pada anak dan kawasan yang masih dirasa dilayak untuk anak-anak.


"Masih banyak kekerasan oleh orang tua terhadap anak yang terjadi, maka perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah terkait permasalahan ini," ujar Siswa kelas XI SMAN 1 Asembagus.


 Auliyah  menungkapkan, jika kasus bullying terjadi kepada temannya sendiri, sehingga mengakibatan temannya tersebut mencoba untuk bunuh diri.


"Kejahatan Psikologis dalam bentuk bullying atau perundungan dikalangan siswa masih banyak, bahkan tidak sedikit yang korbannya takut untuk sekolah hingga memutuskan untuk bunuh diri,"katanya.(ary)