BIAS Tahun 2023 Dilaunching, Puluhan Ribu Siswa SD Jadi Target

Iklan Semua Halaman

BIAS Tahun 2023 Dilaunching, Puluhan Ribu Siswa SD Jadi Target

18/09/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, melaunching Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaunching oleh Bupati Karna Suswandi di SD Negeri 1 Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Senin (18/9/2023).


Kepala Dinkes dr. Sandy Hendrayono mengatakan, kegiatan  BIAS ini dilaksanakan  serentak mulai bulan Agustus hingga November Tahun 2023. Pelaksanaannya dilakukan diseluruh sekolah SD-sederajat di Kabupaten Situbondo. 


"Di mana pelaksanaannya dilakukan di sekolah-sekolah SD-sederajat di Situbondo. Petugas Puskesmas yang mendatangi sekolah masing-masing," ujar Sandy.


Menurutnya, BIAS ini merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi dasar yang diberikan saat Balita. Dengan begitu kekebalan anak semakin kuat untuk mencegah penyakit. Sehingga anak-anak kita menjadi sehat. "Dengan harapan, generasi kedepan akan tumbuh sehat,"bebernya. 


Sandy menambahkan, karena BIAS wajib bagi siswa SD, sehingga siswa yang tidak masuk saat ada pelaksanaan imunisasi maka akan didatangi ke rumahnya. "Namun, yang  penting kondisi siswa tersebut sehat, sehingga  bisa diimunisasi,"katanya.


Lebih jauh Sandy menanmbahkan, tujuan dari BIAS ini untuk meningkatkan imun siswa. Sehingga mereka terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari difteri, tetanus, campak-rubela hingga kanker serviks," tegasnya. 


Sedangkan khusus siswa kelas V dan VI,  ada imunisasi tambahan. Yakni imunisasi Human Papiloma Virus (HPV). Tujuannya untuk mencegah terjadinya kangker serviks atau kanker rahim. 


"Untuk penyunting vaksin ini dilakukan satu kali ya. Jadi vaksin difteri-tetanus dan campak-rubela satu suntikan. Kemudian HPV juga satu suntikan," pungkasnya.(ary)