Ratusan Rider Ikuti Kejurprov Road Race Jatim 2023 di Situbondo

Iklan Semua Halaman

Ratusan Rider Ikuti Kejurprov Road Race Jatim 2023 di Situbondo

20/08/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Sebanyak 245 pembalap dari sejumlah daerah di Jawa Timur, mereka  mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Road Race Jatim tahun 2023 di Kota Situbondo, Minggu (19/8/2023).


Kejurprov road race dalam rangka memperingati  Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi)  ke-205 tahun 2023 itu,  dilaksanakan di kawasan Alun-alun Kota Situbondo, dan dibuka langsung oleh Bupati Karna Suswandi.


"Diharapkan kegiatan road race  ini,  menjadi wadah bagi anak muda di Kota Situbondo  yang punya hobi balap," ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi.


Menurutnya, pihaknya sengaja menggelar event balap ini, mengingat masih banyak dilakukan secara sembunyi-bunyi, sehingga rawan dengan terjadinya laka lantas. 


"Melalui even ini, saya berharap para remaja Situbondo balap liar bisa menyalurkan hobinya. Jadi bisa mengukir prestasi, bukan dengan balap liar," bebernya.


Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia atau IMI Kabupaten Situbondo, Reno Purwanto mengaku, road race ini menjadi wadah bagi anak muda yang suka balap motor.


"Ajang ini juga merupakan penjaringan atlet balap motor yang kami persiapkan untuk ikut di berbagai even," ujar Reno.


Pria yang akrab dipanggil Reno menegaskan, ajang road race  ini efektif untuk mengalihkan kebiasaan balap liar anak muda ke arah yang lebih positif yaitu dengan mengikuti kejuaraan balap liar.


"Ini pesertanya rata-rata mereka yang suka balap liar," imbuhnya.


Sekadar diketahui, selain diikuti para rider lokal, namun event Kejurprov  road race Jatim tahun 2023 ini, juga diikuti para rider dari sejumlah daerah    di Jawa Timur, antara lain Surabaya, Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.


Ada 21 kelas yang diterjunkan dalam balap motor kali ini, antara lain, kelas Rookie usia 16 tahun, kelas Pemula usia maksimal 20 tahun, kelas bebek 4 tak 150 CC ECU  standar dengan usia maksimal 14 tahun, Kelas Mini GP usia maksimal 11 tahun danKelas open untuk semua usia.(ary)