Tabrakan Beruntun di Jalur Pantura Situbondo, 2 Sopir Tewas dan 2 Penumpang Luka-luka

Iklan Semua Halaman

Tabrakan Beruntun di Jalur Pantura Situbondo, 2 Sopir Tewas dan 2 Penumpang Luka-luka

26/07/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Insiden tabrakan beruntun yang melibatkan Bis PO Tiara Mas nopol EA 7596 A, truck nopol W 8225 DW dan pikap grandmax nopol W 8749 WL terjadi jalur pantura Situbondo, tepatnya jalan raya Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (26/7/2023).


Akibat tabrakan beruntun tersebut, sopir bus bernama Yusuf (45) warga Puri Raya, Kota  Denpasar, Bali, dan sopir truck fuso bernama Nasukan (59) warga Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, kedua sopir tersebut tewas dilokasi kejadian, dengan kondisi tubuh yang  sangat mengenaskan.


Sedangkan sopir pikap  grandmax nopol W 8749 WL bernama Kus (50) warga Waru, Kabupaten Sidoarjo,  dan dua orang penumpang bis PO Tiara, mereka hanya mengalami luka lecet di sebagian tubuhnya. Sedangkan sebanyak 17 penumpang bis yang lain, mereka tidak mengalami luka-luka.



Diperoleh keterangan, insiden  tabrakan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan bermotor itu, berawal saat bis yang dikemudikan Yusuf melaju dari arah timur menuju ke arah barat, dengan kecepatan tinggi. Namun, saat melintas dilokasi kejadian dari arah berlawanan muncul truck fuso bermuatan popok dan pempes, yang dikemudikan oleh Nasukan.


Nah, diduga karena  kedua sopir mengemudikan  dalam kondisi mengantuk, sehingga benturan keras kedua kendaraan besar  tak dapat dihindari. Selain itu, sopir pikap yang ada tepat  dibelakang truck bermuatan popok dan pempes itu,  langsung menabrak bak belakang  truck fuso.


Akibatnya, dua sopir  langsung tewas dilokasi kejadian, dengan kondisi tubuh sangat mengenaskan akibat terjepit kabin mobilnya. Selain itu, dua kendaraan besar yang terlibat tabrakan juga mengalami rusak berat tak berbentuk. Bahkan,  popok dan pempes muatan truck fuso  langsung tumpah ke badan jalan aspal.



Ironisnya, usai menabrak truk fuso yang sarat dengan muatan popok dan pempes, bis PO Tiara Mas yang dikemudikan Yusuf itu,  langsung masuk ke halaman depan masjid Rahmad di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.


"Saat kejadian, saya hendak shalat subuh berjamaah di masjid, namun tiba-tiba ada suara seperti benturan keras. Meski demikian, saya tidak mengetahui secara pasti kronologinya tabrakan tersebut,"ujar Ainul Yakin, salah seorang warga setempat, Rabu (26/7/2023).



Kanit Laka Polres Situbondo Ipda Kadek Yasa mengatakan, diakui memang ada insiden tabrakan beruntun,  yang menewaskan dua orang  sopir di Jalur Pantura Situbondo. Namun, pihaknya belum mengetahui secara pasti tentang  penyebabnya.


"Kami belum mengetahui secara pasti  penyebab laka beruntun tersebut, karena kami masih melakukan olah TKP dilokasi kejadian,"katanya.


Menurut dia, karena jalur pantura Situbondo merupakan jalur terpanjang di Jawa Timur, dan rawan dengan terjadinya laka lantas. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada para pengendara kendaraan bermotor, agar hati-hati melintas di jalur pantura Situbondo.


"Saya menghimbau kepada para sopir untuk lebih hati-hati dan waspada, saat melintas di jalur pantura Situbondo,"pungkasnya.