Rumah Seklur Dawuhan Dibobol Maling, 1 Kotak Perhiasan Emas Dibawa Kabur

Iklan Semua Halaman

Rumah Seklur Dawuhan Dibobol Maling, 1 Kotak Perhiasan Emas Dibawa Kabur

19/06/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Aksi pencurian rumah kosong terjadi di Kota Situbondo, dengan korban rumah Agung Wijiakongko (45) warga Jalan Anggrek, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kota, Kabupaten  Situbondo. Itu terjadi saat korban bersama istri dan anaknya, sedang mengantar orang tuanya yang hendak berangkat  haji di Kabupaten Jember.


Dalam aksinya, pelaku pencurian dan pemberatan (Curat) yang diperkirakan berjumlah lebih satu  orang itu, berhasil membawa kabur satu kotak perhiasan emas, TV LED ukuran 55 inci, satu laptop, dan lima arloji dan satu ponsel, uang tunai Rp500 ribu,  dan sejumlah surat-surat penting, seperti sertipikat tanah. Fengan total kerugian materi  diperkirakan mencapai Rp45  juta.


Diperoleh keterangan, sebelum mengobok-obok rumah Sekretaris Kelurahan Dawuhan yang akrab dipanggil Kuku, sebelumnya para pelaku merusak pintu pagar dan merusak pintu utama  rumah milik  korban. Selanjutnya, para pelaku curat langsung  mengacak-acak  tiga kamar di rumah korban yang ditinggal pemiliknya.


Terungkapnya aksi pembobolan  rumah milik  korban itu, terungkap  setelah korban bersama istri dan anaknya  baru pulang dari Kabupaten  Jember,  mengetahui pintu pagar  dan pintu rumahnya dalam kondisi rusak, sehingga korban memeriksa seluruh kamar rumahnya.


Bahkan, saat korban memeriksa seluruh kamar rumahnya, sebanyak  tiga  kamarnya diketahui dalam kondisi acak-acakan. Selain itu, satu kotak  perhiasan emas  yang disimpan didalam lemari, TV LED ukuran 55 inci, lima arloji dan uang tunai Rp500 ribu, dan sejumlah surat-surat penting, seperti sertipikat tanah juga raib.


"Saya kaget, begitu tiba dirumah pintu pagar dan pintu rumah diketahui rusak. Bahkan, tiga kamar kondisinya acak-acakan, sadar sudah  dibobol  kawanan maling, saya bersama ketua RT  langsung melaporkan  kasus curat tersebut  ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)  Polres Situbondo,"ujar Kuku, saat melaporkan ke Mapolres Situbondo, Senin (19/6/2023).


Menutut dia, saat kejadian, korban bersama istri dan anaknya sedang di rumah orang mettuanya di Kecamatan Balung, Kabupaten  Jember, yakni untuk mengantar mertua korban yang hendak berangkat haji.


"Saya berangkat ke Jember pada Jumat malam, mengingat mertua saya akan berangkat haji pada Sabtu malam, sehingga selama dua hari rumah dalam kosong,"bebernya.


Kasatreskrim Polres Situbondo AKP Dhedi Ardi Putra,  membenarkan aksi Curat tersebut, dengan korban   Seklur Dawuhan, Kecamatan Kota,  Situbondo. Untuk mengungkap kasus Curat tersebut, penyidik Satreskrim Polres Situbondo langsung melakukan olah TKP dilokasi kejadian.


”Selain itu, untuk mengungkap para pelaku aksi curat di rumah kosong tersebut,  penyidik juga akan memanggil sejumlah  saksi, termasuk saksi korban untuk diminta keterangannya,”ujar AKP Dhedi Ardi Putra.(ary)