Panitia Rekrutmen Perangkat Desa Selomukti, Tetapkan Tujuh Perangkat Desa Terpilih

Iklan Semua Halaman

Panitia Rekrutmen Perangkat Desa Selomukti, Tetapkan Tujuh Perangkat Desa Terpilih

23/06/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Setelah menggelar tes tulis, wawancara, dan tes mengoperasikan komputer, akhirnya panitia rekrutmen perangkat Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, menetapkan tujuh perangkat desa terpilih.


Ketua panitia rekrutmen perangkat Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Situbondo 

 Edi Mustafa mengatakan, awalnya  sebanyak 20 orang mendaftar, namun dari jumlah tersebut hanya 18 orang yang mengikuti ujian tes tulis, komputer, dan wawancara, karena ada dua dusun, yakni Dusun Krajan dan Dusun Jerukan, calon perangkat desa yang mendaftar masing masing hanya 1 orang, meski panitia sudah memperpanjang waktu selama 3 hari sesuai Peraturan Bupati (Perbub).


"Sehingga dua orang yang mendaftar yakni Mu'amma Madani yang memilih jabatan sebagai Kadus Krajan dan Abdul Basid sebagai Kadus Jerukan langsung ditetapkan dalam berita acara sebagai perangkat Desa Selomukti. Ini dilakukan sesuai dengan Perbup, ketika yang mendaftar hanya satu orang, maka yang bersangkutan langsung ditetapkan menjadi perangkat desa,"kata Edi, 


Menurut dia,  dari total sebanyak 18 calon perangkat desa yang mengikuti tes, mereka nantinya akan dipilih sebanyak 5 orang, dengan ketentuan  nilai  tertinggi, sehingga setelah nilai ujian direkap.


Hasilnya, panitia sepakat memilih 5 peserta dengan nilai tertinggi, yakni Hanif Hadiyanto dengan jabatan sebagai Kasi Pelayanan, Hendra Priyono sebagai Kaur perencanaan.


Selain itu,   Imam As'ari sebagai Kaur TU dan Umum, Sadun sebagai Kadus Kemiri Selatan, dan Yuyut Priyanto sebagai Kadus Semek.


"Bagi calon perangkat desa yang lolos seleksi ini penetapannya dituangkan dalam berita acara penetapan calon, lalu diusulkan oleh panitia kepada Kepala Desa (Kades), dengan  dilampirkan  berita acara penetapan calon untuk ditetapkan sebagai perangkat desa terpilih,"bebernya.


Lebih jauh Edi menjelaskan, setelah berkas administrasi selesai. Selanjutnya, Kades Selomukti berkirim surat kepada Camat Mlandingan untuk meminta rekomendasi pelantikan bagi 7 calon terpilih, untuk ditetapkan sebagai perangkat Desa Selomukti.


"Kami atas nama panitia Penjaringan dan Penyaringan menyampaikan selamat kepada seluruh perangkat desa yang baru lolos seleksi dan ujian, selanjutnya setelah rekomendasi dari Camat Mlandingan keluar, 7 calon perangkat yang nama namanya sudah ditetapkan di berita acara akan dilantik dan diambil sumpah jabatannya,"pungkasnya.


Sementara itu,  Dodit Haryanto selaku Kades Selomukti Dodit Hariyanto mengucapkan selamat  atas terpilihnya 7 calon perangkat desa yang baru, pihaknya berharap  agar  segera menyesuaikan diri,  untuk bekerja dengan perangkat desa yang lebih senior.


“Kami berharap agar tujuh perangkat desa terpilih untuk bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai perangkat desa di posisi masing-masing, tingkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, sehingga masyarakat di desa Selomukti ini lebih sejahtera dan makmur,"katanya.(ary)