Truck Bermuatan Tebu Tabrakan, Puluhan Ton Tebu Muatannya Tumpah di Jalur Pantura

Iklan Semua Halaman

Truck Bermuatan Tebu Tabrakan, Puluhan Ton Tebu Muatannya Tumpah di Jalur Pantura

11/05/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) -  Insiden tabrakan truck fuso nopol N 8487 UB yang sarat dengan muatan tebu,  kontra truck hino nopol P 8323 UV terjadi di jalur pantura Situbondo, tepatnya di jalan raya Desa Kalianget, Kecamatan  Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/5/2023).


Selain mengakiatkan bodi depan dua kendaraan besar tersebut mengalami rusak berat tak berbentuk. Namun, insiden tabrakan tersebut, juga mengakibatkan puluhan ton tebu tumpah ke badan jalan aspal dilokasi kejadian, sehingga jalur pantura yang mengbubungkan antara Situbondo-Probolinggo sempat macet total.


Ironisnya lagi,  meski kondisi  bodi depan dua truck yang terlibat tabrakan ringsek. Namun, kedua sopirnya hanya mengalami luka lecet, yakni LB (27) sopir truck nopol N 8487 UB asal Gondanglegi  Malang dan   Elis (35) sopir truck fuso  nopol P 8323 UV asal  Desa/Kecamatan  Sukowono,  Kabupaten  Jember.


Diperoleh keterangan, insiden tabrakan yang mengakibatkan jalur pantura Situbondo sempat macet itu, berawal saat LB mengendarai truck bermuatan tebu itu, melaju dari arah timur menuju ke arah barat. Namun, saat melintas dilokasi kejadian, truck yang dikemudikan terlalu ke kanan hingga memakan marka jalan.


Sedangkan dari arah berlawanan muncul truck hino yang dikemudikan Elis, namun karena jarak kedua truck tersebut terlalu dekat, sehingga tabrakan kedua kendaraan tersebut tidak dapat dihindari, sehingga mengakibatkan truck bermuatan tebu terguling. Bahkan, puluhan ton  tebu muatannya tumpah ke jalan, sehingga arus lalin di jalur pantura sempat terganggu.


"Diakui arus lalin di jalur pantura sempat terganggu, karena tebu muatan truck yang dikemudikan LB tumpah, namun setelah petugas dan warga berhasil muatan tebu yang tumpah arus lalin di jalur pantura kembali lancar,"ujar Ipda Kadek Yasa.


Menurut dia, berdasarkan keterangan. sejumlah saksi dilokasi kejadian, dugaan sementara, penyebab tabrakan tersebut, karena sopir truck fuso N 8487 UB   terlalu ke kanan, sedangkan dari arah  berlawanan muncul truck hino  yang  dikemudikan LB.


"Dugaan sementara, penyebab tabrakan tersebut lantaran LB tidak konsentrasi, saat mengendarai  truck bermuatan tebu tersebut,"pungkasnya.(ary)