Luar Biasa, 54 Siswa SMA Negeri 1 Situbondo Masuk PT Jalur SNBP

Iklan Semua Halaman

Luar Biasa, 54 Siswa SMA Negeri 1 Situbondo Masuk PT Jalur SNBP

18/05/2023

Syarif Husein Saat Menghadap Kasek SMA 1 Situbondo(foto.JB.com)

 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Situbondo berbangga karena tahun ini siswa-siswanya banyak yang berhasil diterima Perguruan Tinggi (PT) Negeri yang tersebar di Indonesia. Menurut data dari sekolah, jumlah siswa yang berhasil masuk PT dengan jalur SNBP mencapai 54 siswa.


Salah satu siswa yang berhasil masuk melalui jalur undangan itu adalah Syarif Husein al Muhdar mengatakan dirinya berhasil diterima di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada Fakulas Kedokteran. "Saya tentu bangga bisa masuk Unair dengan jalur undangan," ujarnya, Rabu (17/05/2023).


Menurut dia, dirinya  tidak mengetahui secara pasti, karena yang ikut mendaftar jumlahnya sangat banyak, sebagian besar merupakan lulusan SMA  di seluruh Indonesia."Ada sekitar 1000 orang yang mendaftar dan yang diterima hanya 60 orang,"bebernya.


Menurutnya, dirinya sangat bangga diterima malalui jalur undangan itu, karena selama ini tidak sia sia sekolah. "Diterima  melalui jalur undangan merupakan kebanggan tersendiri, apalagi diterima di Fakultas Kedokteran,"katanya.


Sementara itu, Kepala SMAN 1 Situbondo, Marta Mila Sughesti mengatakan, ada beberapa PTN favorit   di Indonesia yang menerima siswa melalui jalur undangan untuk tahun 2023 ini, seperti  di Universitas Brawijaya, Unair, Unej, UGM dan ITS. "Bahkan, sebagian   siswa Smasa  olos biasiswa untuk melajutkan kuliah,"katanya.


Menurut dia, para siswa Smasa yang masuk PTN melalui jalur undangan, para siswanya itu  harus masuk melalui kreteria elijibel dan 40 persen peringkat terbaik,  nilai raport serta prestasi yang didapat selama sekolah. "Untuk tahun ini jumlahnya lebih banyak  dibandingkan tahun 2022, dengan jumlah  sebanyak 33 siswa, sedangkan tahun ini sebanyak 54 siswa," katanya.


Lebih jauh perempuan yang akrab dipanggil Bu Marta menegaskan, pihaknya berharap kedepanya anak didik lebih banyak lagi yang melanjutkan ke perguruan tinggi melalui jalur  undangan tersebut."Kira akan terus memotivaasi anak didik kita untuk belajar dan berprestasi," pungkasnya.(ary)