Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, Minta Polisi Ikuti Tahapan Pemilu

Iklan Semua Halaman

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, Minta Polisi Ikuti Tahapan Pemilu

24/05/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menjelang  tahun politik tahun 2024 mendatang, Kepala Kepolisian Daerah  (Kapolda)  Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Toni Harmanto, melakukan kunjungan kerja  (Kunker) ke Mapolres Situbondo, Rabu (24/5/2023).


Selain memberikan pembinaan kepada para  Pejabat  Utama (PU)  dan para Kapolsek, namun  Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto juga memberikan santunan kepala puluhan anak yatim. Bahkan, juga menanam pohon pule dan sawu kecik di halaman depan Mapolres Situbondo.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menjelang Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, pihaknya  meminta   kepada seluruh anggota,  agar terus memantau dan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).


"Kami berharap polisi harus mengikuti  kegiatan  setiap tahapan Pemilu 2024. Bahkan,  polisi harus hadir untuk mengetahui perkembangan yang ada di masyarakat," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, Rabu (24/5/2023).


Menurut dia, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Kepolisian Daerah Jawa Timur menjelang Pemilu 2024, sejauh ini aman terkendali. Bahkan, hingga kini,  kondusifitas Jawa Timur masih aman terjaga, dan beberapa isu yang perlu disikapi tidak menjadi pemicu masalah di Jawa Timur.


"Alhamdulillah, sampai saat ini kondusifitas masih terjaga. Diakui beberapa isu yang memang perlu disikapi tidak menjadi trigger  untuk masalah-masalah di Jawa Timur," katanya.


Irjen Pol Toni Harmanto menegaskan, ini merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan dan sekaligus menyerap isu yang dihadapi para anggota kepolisian menjelang Pemilu 2024.


"Selain itu kami juga memberikan masukan terkait dengan perkembangan situasi terkini. Yang jelas untuk melakukan pemetaan yang ada di sini (Situbondo),"pungkasnya.


Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, jika kunjungan Kapolda Jatim itu, merupakan kegiatan rutin. Bahkan, merupakan kunjungan ke-24 Kapolda Jatim ke setiap Polres di Jawa Timur.


"Selain memberikan pengarahan kepada para anggota, Kapolda Jatim juga melakukan tanya jawab dengan anggota, untuk mengetahui persoalan yang dihadapi di masing-masing Polres,"ujar AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.


Menurut dia, selain meminta kepada para anggota untuk bekerja yang lebih baik lagi, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto meminta anggota yang muslim agar tidak meninggalkan salat lima waktu.


"Saya tahu betul dengan kehidupan  beliau (Irjen Pol Toni Harmanto red-). Makanya, dalam memberikan pengarahan, dia juga menekankan kepada anggota yang muslim untuk memakmurkan masjid,"katanya.(ary