Mudik Lebaran, Satlantas Polres Situbondo Siapkan Tambal Ban Gratis

Iklan Semua Halaman

Mudik Lebaran, Satlantas Polres Situbondo Siapkan Tambal Ban Gratis

17/04/2023


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Selain mendirikan empat  pos pengamanam (pospam) dan satu  pos pelayanan (posyan) di sepanjang jalur Pantura Situbondo, Satlantas Polres Situbondo juga memberikan pelayanan tambal ban gratis kepada para pemudik.


Bahkan, untuk memberikan rasa nyaman kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, pihaknya juga  menyediakan tempat beristirahat di Posyan Banyuglugur, tepatnya di rest area Utama Raya.


"Selain itu, di rest area yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo, kami juga  menyediakan pijat refleksi kepada para pemudik, serta menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak,"ujar AKP Suwarno, Kasatlantas Polres Situbondo, Senin (17/4/2023).


Menurut dia, khusus pelayanan tambal ban gratis selama operasi ketupat semeru tahun 2023 itu, tidak hanya disediakan di Pospam Hutan Baluran, namun juga di beberapa titik sepanjang jalur pantura Situbondo. Mulai Banyuglugur hingga pintu keluar wilayah hutan Baluran Banyuputih, Situbondo.


“Khusus pelayanan tambal ban gratis di Hutan Baluran siaga 24 jam, selama Operasi Ketupat Semeru Tahun 2023,”bebernya.


Menurut dia, selain memberikan pelayanan tambal ban gratis, petugas juga disiagakan untuk melakukan patroli secara periodik di jalur Situbondo, tujuannya untuk memonitor situasi jalan di kawasan Taman Nasional  Baluran Situbondo.


“Sebab, menjelang Lebaran 2023, hampir dipastikan para pemudik yang melintas di Hutan Baluran akan  meningkat, baik  dari arah Surabaya  maupun dari Pulau Bali, baik pendaraan roda empat dan roda dua. Bahkan, kami juga menyediakan tim urai kemacetan. Untuk tim urai ini, kami melibatkan petugas BM Satlantas,"katanya.


Lebih jauh AKP Suwarno  menegaskan, kawasan Hutan Baluran Situbondo memiliki rute jalan sepanjang sekitar 27 km. Dengan medan bervariasi, mulai jalan naik turun hingga banyak terdapat tikungan tajam.


“Oleh karena itu, selama operasi ketupat Semeru tahun 2022, kami mendirikan pospam. Namun, bagi pemudik yang ban kendaraannya bermasalah saat berada di kawasan Hutan Baluran, dapat menghubungi call center 110,” imbuhnya.


AKP Suwarno  menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya arus lalin selama arus mudik lebaran 1444 Hijriah, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo. "Agar memperpendek durasi menyala lampu warna merah di traffick light di sepanjang jalur Pantura Situbondo,"pungkasnya.(ary)