Bupati Banyuwangi Gencarkan Kampanye Anti Bullying ke Siswa Sekolah

Iklan Semua Halaman

Bupati Banyuwangi Gencarkan Kampanye Anti Bullying ke Siswa Sekolah

17/03/2023

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandari Lakukan Sosialisasi Anti Bully(foto.istimewa)

Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Maraknya kasus perundungan hingga kekerasan dikalangan pelajar menjadikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pro aktif melakukan kampanye anti Bullying ke sekolah-sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan. Tidak tanggung-tanggung, Bupati Ipuk Fiestiandani turun langsung melakukan sosialisasi.


Bupati Ipuk menyatakan sosialisasi anti bullying dan kekerasan baik fisik hingga pelecehan tidak boleh terjadi lagi. "Mulai sekarang, tidak boleh menghina temannya ya. Apapun itu. Tidak boleh menghina orangtua, tidak boleh menghina fisik, dan lain sebagainya," ujarnya ketika sosialisasi di SMPN satu atap Blimbingsari Watukebo, Kamis (16/03/2023).


Pembinaan tersebut, lanjut Ipuk, telah dilakukan secara sistematis. Semua dilibatkan. Mulai dari stakeholder hingga wali murid. "Kami telah mengajak pihak kepolisian, TNI, kejaksaan, dan para pihak lainnya untuk memerangi dosa pendidikan ini," terang Ipuk.


Selain melibatkan stakeholder terkait untuk turut terlibat menangani, lembaga sekolah juga menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penindakannya. "Di sekolah-sekolah dan pesantren di Banyuwangi, kita siapkan pojok curhat. Ini wadah bagi anak-anak untuk menyampaikan problemnya," ujar Ipuk.


Dari pojok curhat tersebut, lanjut Ipuk, kemudian memberikan keberanian bagi para peserta didik yang mengalami permasalahan. Dari keterbukaan tersebut, berbagai tindakan preventif dan penanganan bisa segera diselesaikan.


"Kami mendorong para guru tidak hanya menunggu. Tapi, harus peka terhadap kondisi murid. Jika ada yang tidak wajar, segera dekati. Berikan konseling dan problem solving," jelasnya.(detik/hans)