Baksos Santri Lirboyo Korda Lumajang 2023: Latihan Pengamalan Ilmu dan Keterampilan Bersama Masyarakat

Iklan Semua Halaman

Baksos Santri Lirboyo Korda Lumajang 2023: Latihan Pengamalan Ilmu dan Keterampilan Bersama Masyarakat

16/03/2023

Santri Lirboyo Induk melakukan Bakti Sosial Masyarakat(foto.JBcom)

 Jember (jurnalbesuki.com) - Sedikitnya 90 Santri Pondok Pesantren Induk Lirboyo Asuhan KH. Anwar Mansyur melakukan kegiatan bersama masyarakat untuk mengisi masa liburan akhir tahun pelajaran agar lebih terarah dan bermanfaat.


Kegiatan yang dipusatkan dikomplek Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nurul Halim Wringinagung Kecamatan Jombang Kabuapten Jember itu dibagi dalam beberapa event masing-masing adalah Khotmil Qur'an, Sholawatan dan Bakti Sosial dengan melakukan kerja bakti dilingkungan pesantren. 


Koordinator Daerah (Korda) Santri Lirboyo wilayah Lumajang Firman Nasir menyatakan bahwa kegiatan rutin dilakukan minimal satu kali dalam satu masa liburan. "Bentuk kegiatannya adalah berhikmat kepada masyarakat agar apa-apa yang kami dapat selama di Pesantren bisa kami bagikan kepada masyarakat," ujar Firman disela acara, Kamis (16/03/2023) siang.


Firman mencontohkan Kegiatan Khotmil Qur'an yang juga menjadi salah satu item dalam kegiatan bersamanya. Menurutnya Pembacaan al-qur'an 30 Juz yang dibaca santri Lirboyo dan disimak oleh komponen masyarakat atau santri dari tempat lain akan menjadi sesuatu yang saling melengkapi.

Pembaan Al-qur'an oleh santri Lirboyo(foto.JB.com)

"Mungkin ada beberapa hal yang berbeda dari cara baca atau yang lainnya, maka akan muncul dialog untuk bisa saling mengerti letak perbedaan atau dasar-dasar hukum masing-masing," ujar Firman.


Pantauan dilapangan, Para santri yang hadir dari berbagai wilayah se Kabupaten Lumajang dan sebagian dari Jember bagian barat itu berkumpul di Musholla Nurul Halim. Nampak satu orang santri membaca Alqur'an dan disimak oleh santri lainnya bersama santri Nurul Halim dan sebagian juga dari masyarakat sekitar. Pembacaan dilakukan secara bergantian antar santri Lirboyo hingga sampai pada Juzz ke 30.


Selain proses Khataman alqur'an, sebagian santri juga melakukan pemanduan kerja bakti disekitar Musholla bersama santri-santri lokal. Kegiatan itu juga merupakan upaya memberikan manfaat kepada obyek penerima dan penerapan keilmuan bahwa Islam sangat menganjurkan kebersihan dan kesucian tempat ibadah.

Para santri menyimak bacaan al-qur'an bersama-sama(foto.JB.com)

"Nanti kalau sudah khatam pembacaan Alqur'an, kegiatan akan dilanjutkan dengan pembacaan sholawat Nabi dengan harapan semoga kami yang sedang berjuang mencari ilmu ini bisa sekalian mengamalkan dengan baik bersama syafaat kanjeng Nabi Muhammad," pungkas Firman sang koordinator.


Sementara Keluarga Besar YPI Nurul Halim yang diwakili Ust Moch Hasan Sabilil Maula menyatakan kegembiraannya atas kunjungan para Santri Lirboyo tersebut. Menurutnya, tidak semua orang bisa mendapatkan kehormatan seperti ini. 


"Mereka datang kesini karena adik saya Moch Fatih Hamdillah merupakan santri Lirboyo. Makanya bagi kami ini adalah berkah luar biasa,' Papar pria yang akrab disapa mas Billy itu.(hans)