Waspada, 34 Kabupaten/Kota Jawa Timur Potensial Gerakan Tanah dan Banjir

Iklan Semua Halaman

Waspada, 34 Kabupaten/Kota Jawa Timur Potensial Gerakan Tanah dan Banjir

05/01/2023

Peta perkiraan gerak tanah jawa timur(foto.detik)

 Surabaya (jurnalbesuki.com) - Sebanyak 34 Kabupaten/kota di Jawa Timur ternyata berpotensi mengalami gerakan tanah selama Januari 2023. Selain gerakan tanah, Selain itu, Daearh-daerah tersebut juga berpotensi terlanda banjir.


Demikian peringatan yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBG) dalam laman resminya. Menurut PVBMG, potensi gerakan tanah yang berpotensi terjadi pada 34 Kabupaten/kota di Jawa Timur adalah tingkat Menengah dan Tinggi.


Secara potensial, Daerah yang memiliki potensi menengah akan terjadi gerakan tanah jika curah hujan yang terjadi diatas normal dan gerakan tanah lama yang dapat aktif kembali.


Sementara daerah yang mempunyai potensi menengah terjadi gerakan tanah artinya pada zona ini bisa terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal.


Terutama daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.


"Kewaspadaan tetap tinggi," tulis PVMBG yang dilihat pada laman resminya, Rabu (4/1/2023).


Dari 34 kota/kabupaten di Jawa Timur, hanya 4 daerah diprakirakan bebas dari gerakan tanah hingga berpotensi banjir. Informasi yang dihimpun yakni, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan.(detik/hans)