Puluhan Wartawan Peserta Pelatihan BI Keracunan Massal

Iklan Semua Halaman

Puluhan Wartawan Peserta Pelatihan BI Keracunan Massal

13/12/2022

Kasus Keracunan massal jurnalis di Banyuwangi.(foto.detik)


 Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Puluhan Wartawan yang menjadi peserta pelatihan Literasi Bank Indonesia (BI) mengalami keracunan massal. Gejala yang dialami para pemburu berita itu adalah mual dan diare mendadak secara bersama-sama. Diduga keracunan itu setelah mereka menyantap makanan disebuah Hotel Kota Banyuwangi Jawa Timur.


Kepala Kantor Perwakilan BI Jember Yukon Afrinaldo, Senin (12/12/2022) menyatakan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 89 jurnalis se Jawa Timur, dan 35 diantaranya mengalami sakit mendadak yang diduga keracunan makanan. "Setelah seluruh kegiatan berakhir, pada tanggal 12 Desember 2022, secara bergantian sejumlah 35 jurnalis mengalami gejala sakit perut, mual dan diare," ujarnya.


Sebagai penyelenggara, kata Aldo, Kantor Perwakilan BI Jatim lalu membawa para jurnalis yang keracunan itu ke rumah sakit. Ada yang dibawa ke RSD Blambangan, sebagian dibawa ke RS Yasmin. "Kemudian menindaklanjuti hal tersebut, KPW BI Jatim telah memberikan respon cepat dengan membawa para peserta yang bergejala ke IGD RSUD Blambangan dan RS Yasmin," terang Aldo.


Setelah menjalani perawatan di rumah sakit, kondisi para jurnalis mulai membaik. Bahkan saat ini telah diizinkan pulang dari RS dan kembali ke tempat asal masing-masing."Alhamdulillah baru dapat konfirmasi valid bahwa seluruh kawan-kawan jurnalis sudah kembali ke kota masing-masing. Termasuk yang wilayah Jember dengan jumlah jurnalis ada 10 orang," kata Aldo.


Aldo menambahkan, BI Jatim terus memonitor kondisi kesehatan seluruh jurnalis peserta kegiatan. Juga melakukan evaluasi dari peristiwa tersebut. "Kami juga akan melakukan evaluasi lebih lanjut perihal penyelenggaraan kegiatan agar kejadian serupa tidak terulang kembali," tandasnya.(detikjatim/hans)