Memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia, Dinkes Situbondo Bagikan Ribuan Leaflet

Iklan Semua Halaman

Memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia, Dinkes Situbondo Bagikan Ribuan Leaflet

01/12/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Memperingati hari HIV/AIDS Sedunia, petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, melakukan aksi turun ke jalan, yakni membagikan ribuan leaflet atau selebaran  kepada para pengguna jalan di sepanjang simpang empat di jalur Pantura Situbondo, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).


Petugas Dinas Kabupaten Situbondo, juga memberikan edukasi tentang bahaya penyakit HIV/AIDS kepada para pengguna jalan yang sedang melintas. Bahkan, kegiatan penyebaran ribuan leaflet itu, dilakukan serentak sebanyak 20 Puskesmas di Kabupaten Situbondo.


Selain itu, untuk mencegah penyebaran dan pengendalian penyakit HIV/AIDS, Dinkes Kabupaten  Situbondo juga melibatkan sejumlah rumah sakit, agar menyebar  leaflet dan melakukan  edukasi tentang bahaya HIV/AIDS kepada para pengunjung  di rumah sakitnya.


"Bahkan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di Kabupaten Situbondo, Dinkes dan sejumlah puskesmas juga melakukan talk show  interaktive via youtube, dalam momen peringatan hari HIV/AIDS,"ujar Hari Santoso, Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Kantor Dinkes Situbondo, Kamis (1/12/2022).


Menurut dia, dalam momen peringatan hari HIV/AIDS sedunia tahun 2022, pihaknya sengaja menyebar ribuan selebaran dan memberikan edukasi tentang bahaya  penyakit HIV/AIDS, mengingat seiring bertambahnya waktu, penderita HIV/AIDS juga makin meningkat di Kabupaten Situbondo.


"Bahkan, hingga oktober 2022, tercatat sebanyak 400 penderita HIV/AIDS  di Situbondo, mereka telah mendapatkan  obat ARV ( anti retro viral ),"bebermya.


Menurut dia, berdasarkan data kumulatif yang diperoleh tahun  2022 itu, diketahui tidak semua Orang dengan HIV ( ODHA ) mau menerima ARV, terdapat 772 orang yang pernah memulai ARV, sejumlah 328 (42%) ODHA  masih rutin menjalani pengobatan  ARV,  jumlah penderita yang meninggal 168 (22%) orang, stop pengobatan 17 (2%) orang dan ODHA yang berhenti berobat lebih dari 3 bulan atau disebut LFU sebanyak 190 (25%). 


"Oleh karena itu,  dibutuhkan upaya- strategis untuk meningkatkan cakupan pelayanan HIV di Kabupaten  Situbondo,  salah satunya Dinkes   harus melibatkan semua lintas sector agar terlibat dalam pencegahan HIV/AIDS,"imbuhnya.


 Bahkan, dengan menggandeng lintas Sektor  Yayasan Pemerhati HIV ( LASKAR,KKBS,MAHAMERU ) untuk meningkatkan cakupan pelayanan HIV, bersama yayasan pemerhati HIV. Sebab, selama ini telah banyak memberikan kontribusi dalam pelaksanaan program HIV di Kabupaten Situbondo.


"Beberapa kegiatan  diantaranya melaksanakan  skrining dan edukasi pada kelompok kunci, 

pendampingan ODHIV, serts melakukan koordinasi dengan stakekholder,"katanya.


Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Hari menegaskan, untuk mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS, Dinkes Situbondo dan puskesmas  terus melakukan inovasi melalui Skining Mobile Klinik VCT, dengan  turun langsung ke spot spot yang dipetakan terdapat populasi kunci, seperti tempat tempat Karaoke, warung remang remang dan spot spot lain dan langsung melaksanakn Konseling, edukasi dan testing HIV di lokasi tersebut. 


"Petugas  juga melakukan peningkatan kompetensi pelaksana Program HIV Puskesmas untuk melakukan konseling dan edukasi  HIV,  dengan mendatangkan narasumber knselor HIV Nasional serta melakukan peningkatan dan perluasan fasilitas kesehatan yang menjadi layanan pengobatan dan dukungan perawatan pada orang dengan HIV ( ODHA ), untuk mempermudah dan mendekatkan akses test dan layanan pengobatan HIV,,"ucapnya.


Hari menjelaskan, sesuai amanat Permenkes nomor 23 tahun 2022,  penanggulangan HIV dilakukan dengan langkah promotif, yaitu dengan komunikasi informasi dan edukasi kepada seluruh pihak." Termasuk didalamnya melalui media cetak dan elektronik tentang resiko dan dampak HIV, termasuk penyampaian jumlah orang dengan terdampak atau terifeksi HIV,"pungkasnya.(ary)