Keren, 4 Masjid Banyuwangi Masuk Nominasi 'Masjid Award Jatim 2022'

Iklan Semua Halaman

Keren, 4 Masjid Banyuwangi Masuk Nominasi 'Masjid Award Jatim 2022'

06/12/2022

Nominator Masid Award Jatim 2022 Banyuwangi. (foto.adalahcom)

 Surabaya (jurnalbesuki.com) - Empat Masjid di Kabupaten Banyuwangi masuk sebagai Nominasi dalam 'Masjid Award Jatim 2022'. Masing-masing adalah Masjid al-Ma'ruf, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro; Masjid Kyai Shaleh, Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi; Masjid Besar Baiturrahim, Kecamatan Rogojampi; dan terakhir Masjid at-Taqwa, Kecamatan Muncar.


Masjid-masjid yang berdiri dibagian ujung timur pulau jawa itu dinilai sebagai tempat beribadah yang ikonik dan sudah dikunjungi langsung oleh PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur. Kunjungan itu langsung dilakukan oleh Ketua DMI Jatim Khoirur Rozikin dan Syahril untuk meninjau langsung situasi masjid.


Sekretaris DMI Kabupaten Banyuwangi, Andi Mikoyanto menyatakan beberapa kriteria yang akan dinilai adalah kondisi pengelolaan masjid dan kenyamanan jamaah yang melaksanakan ibadah.  


"Tim asesor di Masjid al-Ma'ruf terlihat meninjau beberapa titik penting yang menjadi penunjang kenyamanan aktivitas saat jamaah. Seperti kebersihan toilet, kenyamanan dan kualitas audio masjid, kenyamanan sirkulasi udara, perpustakaan, sampai pada pengecekan kebersihan karpet untuk ibadah," terang Andi kepada wartawan, Senin (5/12/2022).


Ketua PD DMI Kabupaten Banyuwangi Fathur Rahman, secara umum masjid yang dinilai setidaknya telah bersertifikat wakaf, SK kepengurusan diketahui PD DMI Kabupaten Banyuwangi, memiliki unit usaha, kegiatan PHBI dan sosial disertai dengan dokumentasi kegiatan.


"Selain itu, laporan keuangan masjid harus transparan sehingga masyarakat dengan mudah dapat mengetahui pemasukan dan pengeluaran masjid. Setiap kegiatan rapat disertai undangan, daftar hadir, notulen dan dokumentasi pada ranah administrasinya," kata Fathur.


Ditambah dalam era digitalisasi sekarang ini, masjid juga diharapkan memiliki medsos. Sehingga setiap kegiatan dalam masjid dapat diakses dengan mudah oleh umat dan masyarakat.


"Masjid Award 2022 ini diharapkan dapat menambah pengetahuan takmir masjid dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada jamaah dan masyarakat," sebut Fathur.(detik/hans)