Anji dan Bupati Karna, Lepas Ratusan Tukik di Pantai Se Jhile Situbondo

Iklan Semua Halaman

Anji dan Bupati Karna, Lepas Ratusan Tukik di Pantai Se Jhile Situbondo

19/12/2022


 SItubondo (jurnalbesuki.com) - Selain menyanyikan  10 lagu hits pada momen gelaran konser musik "Symphony de merak menembus batas"  di wisata Labuhan Merak, Situbondo, Minggu (18/12/2022)  kemarin,  penyanyi solo Erdian Aji  Prihartanto juga melepas ratusan ekor tukik di wisata pantai se jhile di Dusun Merak, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.


Selain itu, penyanyi solo tanah air yang akrab disapa Anji dan Bupati Karna Suswandi,  Wabup Nyai Hj Khoironi, Kajari Nauli Rahem Siregar, Gatot Siswo Kepala DPUPP, Dadang Wintoro Kepala Dinas Kominfo, dan petugas Taman Nasional Baluran Situbondo, mereka juga menanam ratusan bibit pohon mangrove.


"Saya sangat mengapresiasi Pemkab Situbondo yang telah melepas ratusan tukik ke laut. Ini merupakan salah satu cara Bupati Karna Suswandi untuk melestarikan tukik dari kepunahan. Selain itu, pohon mangrove sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya abrasi,"ujar Anjie, Senin (19/12/2022).


Menurut dia, dirinya sudah berkunjung ke sekitar 520 desa di Indonesia, namun untuk ke sejumlah  wisata pantai di  labuhan merak Situbondo baru pertama kali, yakni paska dibuatnya akses jalan  menuju daerah terpencil di dusun merak,  yang diketahui menyimpan potensi wisata pantai.


"Oleh karena sejumlah wisata pantai di labuhan merak sudah bagus dan bersih. Oleh karena itu, saya imbau kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat sejumlah wisata pantai tersebut,"pinta Anji.


Sementara itu, Bupati Karna Suswandi mengatakan, pihaknya sengaja mengajak Anji untuk ikut melepas ratusan ekor tukik dan menanam ratusan bibit pohon mangrove di pantai wisata se jhile.


"Pelepasan ratusan ekor tukik itu, sebagai upaya untuk menghindari kepunahan tukik, sedangkan penanaman bibit mangrove sebagai upaya untuk mengantisipasi abrasi. Bahkan, dua kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Pemkab Situbondo dengan Taman Nasional Baluran Situbondo,"katanya.(ary)