Gelar Operasi Mata Katarak Gratis, RSD Besuki Raih Penghargaan

Iklan Semua Halaman

Gelar Operasi Mata Katarak Gratis, RSD Besuki Raih Penghargaan

12/11/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menggelar bhakti sosial berupa operasi mata katarak gratis kepada ribuan pasien katarak, RSD Besuki, Situbondo,  mendapat penghargaan dari Bupati Karna Suswandi pada momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2022, Sabtu (12/11/2022).


Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Bupati Karna Suswandi kepada dr Armanto Sidohutomo SpM (K), 

yang telah mengoperasi ribuan mata katarak masyarakat Situbondo secara gratis di RSUD Besuki. 


“Alhamdulillah kerja ikhlas berupa operasi mata gratis mendapat apresiasi dari Bupati Situbondo. Untuk hari ini (Sabtu red-), 

kita memasuki tahap ke-8 operasi mata katarak gratis,” ujar Direktur RSUD Besuki,  Situbondo dr mam Hariyono, Sabtu (12/11/2022).


Menurut dia, untuk hari ini, tercatat sebanyak melakukan  sebanyak  40 pasien menjalani operasi mata katarak gratis, tim dokter  menggunakan alat canggih Revo Smart Opticon, Sovereign Compact Johnson and Johnson, Oertli Catarhex 3 dan menggunakan Mikroskop OMS 90 Topcon 4 Unit, Zeiss 1FR dan Zeiss 1FR Pro. 


"Bahkan, alat super  canggih tersebut, tadi sudah digunakan untuk operasi,”bebernya.


Menurut dia, dengan ditunjang peralatan serba canggih dan ditangani oleh tenaga-tenaga ahli dibidangnya yang ada di RSD Besuki, maka tingkat kesembuhan pasien mata katarak akan teratasi dengan baik.


“Sesuai harapan Bapak Bupati Situbondo untuk menyembuhkan penyakit mata katarak masyarakat dengan program Gebrak Bersinar ini, Insya Allah akan tercapai. Sebab, selain operasi mata katarak di topang dengan alat-alat canggih juga ditangani oleh dokter-dokter mata yang ahli dibidangnya ,” pungkasnya.(ary)