Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Cerdas, KPU Situbondo Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih

Iklan Semua Halaman

Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Cerdas, KPU Situbondo Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih

07/11/2022


 


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Mengajak masyarakat agar menjadi pemilih cerdas dalam momen Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 mendatang, 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo,  Senin (7/11/2022) menggelar 

sosialisasi pendidikan pemilih.


Kegiatan sosialisasi dengan tema "Wujudkan Penyelenggara Pemilu Serentak Tahun 2024 yang Demokratis dan Berintegritas" 

yang dilaksanakan di obyek 

Wisata Kampung Kerapu, Desa  Katakan, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, KPU melibatkan  semua elemen masyarakat di Kabupaten Situbondo, seperti PWI dan sejumlah Ormas di Kabupaten Situbondo.


Ketua KPU Kabupaten  Situbondo Marwoto  mengatakan, kegiatan sosialisasi  pendidikan pemilih, tujuannya   untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang Pemilu. "Harapan dari pendidikan pemilih ini adalah membentuk sebuah kesadaran masyarakatan untuk bisa mengikuti tahapan Pemilu di tahun 2024 itu secara utuh dari awal hingga akhir," kata Marwoto, Senin (7/11/2022).


Menurut dia, kesadaran masyarakat dalam pendidikan pemilih ini,  merupakan bagian dari tahapan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. "Kalau  saya berbicara tentang pemilu, maka nanti di tahun 2024 ada pemilu serentak yang harus berlangsung jurdil  dan demokratis. Kemudian, kami mempunyai tugas secara utuh menyampaikan informasi pemilu secara terus-menerus dan berkelanjutan,"bebernya.


Lebih jauh Marwoto menegaskan, dengan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini, maka informasi Pemilu 2024 ini bisa tersampaikan secara utuh kepada peserta yang hadir dalam kegiatan ini.


 "Segmen sosialisasi Pemilu bukan hanya ini saja. Tapi, ada segmen orang-orang yang termarjinalkan di daerah-daerah terpencil dan pinggiran pesisir, " pungkasnya.


Badrus Saleh selaku pemateri mengupas tentang  peran generasi milenial dan  misi kepemiluan yang berkualitas, serta  partisipasi masyarakat milenial pafa  Pemilu serentak Tahun 2024 mendatang.


 "Generasi milenial mampu memberikan pemikiran yang terbaik, bisa mempengaruhi masyarakat untuk mengikuti pemilu yang berkualitas, demokratis dan jurdil,"katanya.


Sementara itu, Murtafik   Ketua Bawaslu  Situbondo Murtafik selaku pemateri mengatakan, jika  pelaksanaan pemilu akan berlangsung pada tanggal 14 Pebruari 2024. Namun, prosesnya panjang sudah dimulai dari tahun 2022  ini. "Ada tiga peserta pemilu serentak  tahun 2024 mendatang, yakni Partai Politik, Dewan Perwakilan Daerah dan Pilpres,"katanya.


Pria yang akrab dipanggil Lopa menegaskan, masyarakat harus peduli dan cerdas terhadap tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu,  agar masyarakat mendapat informasi secara utuh tentang Pemilu.


"Untuk menjadikan Pemilu yang berkualitas harus ditunjang dengan penyelenggara yang mandiri, jujur, adil dan profesional serta melaksanakan tahapan secara transparan,"ujar Lopa.(ary)