Viral, Ketua DPRD Lumajang Salah Ucapkan Sila ke Empat Pancasila

Iklan Semua Halaman

Viral, Ketua DPRD Lumajang Salah Ucapkan Sila ke Empat Pancasila

12/09/2022

Ketua DPRD Lumajang diacara HMI (foto. dok detikjatim)


Lumajang (jurnalbesuki.com) - Sebuah video tentang ketua DPRD Lumajang yang salah menyebutkan sila ke empat Pancasila menjadi trending di media sosial dan aplikasi perpesanan.


Dilansir dari detikjatim.com, video diunggah di Instagram oleh akun @info.okutimur. Dalam video menggambarkan tayangan ketua DPRD Lumajang, Anang Ahmad Syaifuddin sedang berada disebuah acara bersama Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI). Nampak dalam video itu ada sejumlah mahasiswa menggunakan atribut HMI hiau hitam dan sejumlah bendera HMI yang berkibar dilokasi acara.


Ketua DPRD yang nampak pada itu memimpin pembacaan Pancasila. Pada awalnya, pembacaan yang dipimpinnya berjalan lancar hingga sila ke tiga Pancasila. "Tiga, persatuan Indonesia," ujar Anang dalam video tersebut.


Tetapi ketika menyuarakan sila ke empat, Anang salah melafalkan bunyi sila tersebut. "Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan," imbuh Anang.


Peserta acara sontak berteriak serempak menyalahkan dan mengingatkan kesalahan tersebut. Selain itu, dalam video juga nampak mahasiswa bersorak. "Loh, salah salah, salah, huuuuu," kata para mahasiswa.



Mengetahui dirinya keliru, Anang tampak malu-malu. Ia sempat menunduk dan tersenyum. Hal ini membuat mahasiswa bersorak dan bertepuk tangan. "Ini lah contoh gambaran pemimpin kita saat ini," celetuk salah satu mahasiswa.


Namun ketua DPRD juga menyampaikan alasan kenapa bisa salah dalam melafalkan sila ke empat Pancasila. "Saya begini karena gemetar," ujar Anang dalam video tersebut.(detik/hans)