Selesaikan Lempar Jumrah, Jamaah Haji Jember Masih Bertahan di Mina

Iklan Semua Halaman

Selesaikan Lempar Jumrah, Jamaah Haji Jember Masih Bertahan di Mina

10/07/2022


 Makkah (jurnalbesuki.com) - Jamaah haji Jember yang tergabung dalam bimbingan KBIHU Bismika dilaporkan sudah selesai melaksanakan Wukuf, Mabit di Musdalifah dan Melempar Jumroh Aqobah dan mabit di Mina. Prosesi ibadah haji akan dilanjutkan lagi dengan melaksanakan melempar jumroh ula, wustho dan aqobah.


"Insyaallah hari senin kami akan bertolak ke Makkah untuk melaksanakan Thawaf Ifadhah, dan Sa'i haji untuk menuntaskan prosesi yang harus dipenuhi oleh seluruh jamaah," terang HM. Madini Faouq, Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Bismika Kabupaten Jember, Minggu (10/07/2022) dari Tenda Mina.

Berikut Video Kegiatan Wukuf di Arofah yang Doanya dilaksanakan diluar tenda:


Madini menyatakan rasa syukurnya karena jamaah yang dalam bimibingan KBIHU Bismika hingga detik ini dalam keadaan sehat dan kuat. "Jika sebagian jamaah terganggu oleh batuk dan pilek kan sudah biasa karena rata-rata jamaah haji itu mengalami gangguan batuk dan flu," ujarnya menjelaskan. 


Sementara disela kegiatan inti yang harus dilakukan, para jamaah melaksanakan kegiatan hataman qur'an, Pembacaan Sholawat  dan memperbanyak dzikir kepada Allah SWT. Bahkan banyak yang belajar dan menghapalkan doa haji terutama klasifikasi doa yang harus dibaca ketika sudah pulang ke rumah masing-masing.


Bahkan, lanjut Madini, Banyak yang meminta koreksi kepada dirinya terkait do'a yang akan dibaca nanti ketika pulang ke rumah. Bimbingan itupun diberikan oleh Madini agar mereka menjadi lancar dan fasih ketika melantunkan doa. "Rata-rata setiap orang yang pulang haji pasti akan diminta untuk berdoa oleh masyarakat yang berziarah haji kepadanya," terang Madini. (hans)