Teka-teki Penyebab Kebakaran Bengkel Trijayamotor Mangli Diselidiki

Iklan Semua Halaman

Teka-teki Penyebab Kebakaran Bengkel Trijayamotor Mangli Diselidiki

04/06/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Kebakaran yang melanda Bengkel Trijayamotor dikawasan perempatan mangli Jember 2 hari lalu masih diselidiki petugas. Hingga saat ini pihak kepolisian belum memberikan kesimpulan tentang penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan satu unit bengkel dengan isinya itu.


Dugaan sementara disebutkan akibat korsleting sambungan listrik didalam bengkel. Namun untuk penyebab pasti pihak kepolisian masih melakukan berbagai tindakan agar tidak salah memberikan kesimpulan.


Untuk keperluan penyelidikan, pihak kepolisian menerjunkan petugas khusus Tm Inafis Polres yang didampingi Satreskrim Polsek Kaliwates Jember dan melakukan olah TKP. Mereka melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sekaligus menyelidiki penyebab kebakaran itu. Meski tak ada korban jiwa, tapi seluruh barang yang ada di dalam bengkel tidak bisa terselamatkan.


Pemilk bengkel juga hadir ketika petugas melakukan olah kejadian. Satu per satu petugas dari Inafis mengambil sampel barang yang sudah terbakar. “Di antaranya bekas abu, serta kabel yang diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran tersebut,” kata Kompol M Zaenuri, Kapolsek Kaliwates.


Menurut dia, hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi musabab kebakaran. Terlebih, api tak hanya menghanguskan bengkel dan seluruh isinya, tapi juga toko suku cadang motor di sebelahnya. “Kepulan asap dan api yang terus membesar itu berasal dari bagian dalam dan belakang,” ujar Zaenuri.


Rudi Rusnawan, pemilik bengkel, turut serta dalam pengambilan sampel itu. Warga Desa Kemiri, Kecamatan Panti ini, mengungkapkan, sore sebelumnya sekitar pukul 16.00, dia dan seluruh karyawannya sudah pulang. Pria 40 tahun ini baru tahu jika bengkelnya terbakar setelah dihubungi oleh salah seorang pegawainya, Kamis malam.


“Saat karyawan pulang biasanya lampu di dalam bengkel dimatikan dan hanya menyalakan lampu di bagian depan saja,” tuturnya.


Sejauh ini, Rudi masih belum merinci berapa kerugian yang dia alami. Karena di dalam bengkel itu tak hanya berisi peralatan, tapi juga ada barang-barang seperti onderdil motor, oli dan cat yang turut terbakar. (hans)