Pembuang Bayi Dalam Kardus Diteras Rumah Menyertakan Sepucuk Surat dan Sepasang Anting

Iklan Semua Halaman

Pembuang Bayi Dalam Kardus Diteras Rumah Menyertakan Sepucuk Surat dan Sepasang Anting

20/06/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Bayi berkelamin perempuan yang ditemukan menangis dalam kardus diteras rumah Basori, Dusun Besuki, Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember itu ternyata disertai sepasang anting dan sepucuk surat. Pembuang bayi itu meletakkan Kedua barang itu dalam tas berwarma hijau disebelah kardus.


Ketika dibuka, sepucuk surat itu berisi informasi tentang keberadaan bayi yaitu nama dan tanggak lahirnya. "Nama Bayi nya Citra Laila Zanna, Lahiran pada Kamis Wage, tanggal 02-Juni-22,"demikian tertulis pada sepucuk surat dari pembuang bayi tersebut sebagaimana diceritakan Basori, Minggu (19/06/2022).


Selain informasi nama dan hari lahir, pembuang bayi yang diyakini sebagai penulis surat juga menulis permohonan maaf. "Mohon maaf sebelumnya selapan rambut sama sunat. Terima kasih," sambung isi surat itu.


Basori yang menemukan bayi menangis itu bermula ketika dia bangun tidur karena hendak menunaikan sholat subuh. Namun ketika hendak ke kamar mandi malah mendengar ada tangisan bayi didepan rumahnya. "Setelah memastikan suara itu, Sayapun cepat-cepat keluar, dan ternyata diteras rumah ada bayi didalam kardus,' cerita Basori, Minggu (19/06/2022).


Basori menduga bahwa bayi itu sengaja ditaruh diteras rumah dengan maksud hendak menitipkan karena disertai sepucuk surat. Tetapi Basori merasa kuatir dan segera menghubungi RW setempat untuk melaporkan kejadian dan diteruskan ke Polsek Semboro. 


"Karena saya juga menemukan secarik surat ada tulisan permintaan maaf. Tapi khawatir macam-macam, saya lapor ke warga dan Ketua RW. Kemudian diteruskan ke Mapolsek Semboro," tutur Basori.


Sementara, kanit Reskrim Polsek Semboro Bripka Anton Wijaya membenarkan kejadian penemuan bayi menangis dalam kardus diteras rumah warga Dusun Besuki Sidomekar tersebut. Pihak Polsek langsung meluncur ke lokasi dan membawa bayi malang itu ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan. "Alhamdulillah kondisi bayi sehat dengan berat badan 3,5 Kilogram,' ujarnya.


Dijelaskan Anton, Jika merunut pada isi surat yang menuliskan tanggal lahir bayi tersebut, maka dipastikan bayi yang dibuang itu berumur 17 hari. Saat ini polisi terus melakukan penyelidikan untuk mencari siapa pelaku pembuang bayi tersebut. (hans)