Kabar Baru, Gerindra Dikabarkan Akan Gabung KIB

Iklan Semua Halaman

Kabar Baru, Gerindra Dikabarkan Akan Gabung KIB

09/06/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Partai Gerindra disebut-sebut akan bergabung menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).


Namun melalui Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, hingga saat ini partainya belum pernah ada keputusan untuk bergabung atau berkoalisi dengan partai lain untuk momen Pilpres 2024 mendatang.


"Tentunya yang tahu ada parpol lain yang bergabung dengan KIB tentunya pak Airlangga sendiri. Nanti kita tunggu saja siapa yang bergabung," kata Dasco kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).


"Tapi kalau ditanya apakah Gerindra, Gerindra sendiri sampai saat ini belum memutuskan berkoalisi ke mana, sampai saat ini ya," lanjutnya.


"Kalau dalam waktu dekat kayaknya bukan (Gerindra) deh. Karena mekanisme bergabungnya partai di Gerindra ini ya harus diputuskan dalam rapat yang diadakan untuk itu," ujarnya.


Akan Ada Parpol Gabung KIB


Sebelumnya, dalam program Blak-blakan detikcom, Selasa (7/6) Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebut akan ada parpol anggota baru KIB. Namun dia tak menyebutkan siapa parpol yang dimaksud.


"Sudah ada," kata Airlangga Hartarto saat diwawancarai Alfito Deannova Gintings.


Bila benar ada partai baru masuk, KIB tak akan lagi terdiri atas trio parpol. KIB membuka pintu terhadap partai yang hendak bergabung asalkan punya visi politik yang sama, yakni menghindari politik identitas.


"Ya kita kan bukan politik aliran, kita bukan politik identitas, dan Golkar kan partai pembangunan. Jadi itu salah satunya," kata Airlangga.(detik/hans)