Wabah PMK Menggila, Pasar Hewan Lumajang Tutup Sementara

Iklan Semua Halaman

Wabah PMK Menggila, Pasar Hewan Lumajang Tutup Sementara

25/05/2022


 Lumajang (jurnalbesuki.com) - Merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan Sapi, kerbau dan kambing dikabupaten Lumajang, maka untuk sementara Pemerintah didorong untuk melakukan Lockdown pasar hewan. 


Usulan penutupan pasar hewan agar tidak berinteraksi dan beroperasi ada 4 titik dan diberlakukan per hari jumat besok (27/05/2022). Kepolisian Resor Lumajang yang menggagas langkah itu akan mengawal.


Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menyampaikan jika pasar hewan di tutup nantinya akan dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan. Empat pasar hewan yang akan ditutup yaitu di Patok Kota Lumajang, Yosowilangun, Pasirian dan Klakah.


Sedangkan untuk sosialisasi terkait dengan penanganan wabah ini semua pihak dilibatkan seperti Kepala Desa, Lurah, Camat maupun Satgas. "Jadi semua dilibatkan bahkan jagal" kata AKBP Dewa.


Sebelumnya Bhabinkamtibmas sudah disiagakan mendampingi petugas penanganan wabah PMK di tingkat desa, sehingga lebih mudah memetakan. Jadi akan tau mana hewan yang sehat dan sakit, jika sakit harus di isolasi sampai sembuh.(nang)