Usai Jadi Jujukan Rekreasi, Pantai Pancer Puger Jadi Kawasan Sampah

Iklan Semua Halaman

Usai Jadi Jujukan Rekreasi, Pantai Pancer Puger Jadi Kawasan Sampah

14/05/2022


Jember (jurnalbesukicom) - Pemandangan tak sedap saat ini sedang terjadi dikawasan pantai Pancer Puger Jember Jawa Timur. Pantai yang dikenal indah selama liburan hari raya Idul Fitri kemarin menjadi salah satu jujukan wisatawan itu mendadak dipenuhi tumpukan sampah terutama diarea Bangunan Pemecah Ombak.


Pantauan dilapangan, Sampah didominasi oleh jenis plastik dan kotoran lain seperti potongan kayu dan bambu yang menumpuk dibeberapa titik. Selain menjadikan pemandaan yang tidak nyaman, sampah itu menimbulkan aroma tidak sedap.


Beberapa wisatawan yang masih berdatangan mengaku terganggu dengan kondisi tersebut. karena sampah berserakan dan menumpuk itu membuat mereka kesulitan berjalan dan mengambil momen bagus jika. 


"Kami kan ingin ada yang diabadikan dan dikenang dari tempat ini, tetapi kalau banyak sampah begini ya gimana ya,' ujar Rini, pengunjung asal Padomasan Jember yang sengaja datang.


Kalau memang dikelola, maka pihak pengelola selayaknya bertanggung jawab. Paling tidak, sampah harus dibersihkan oleh mereka yang mengambil manfaat dari kedatangan wisatawan. Di sisi lain, wisatawan juga perlu menumbuhkan kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan.


“Masuk ke Pancer ini, selain tiket masuk, di dalam masih harus bayar parkir kendaraan. Jadi masuk ke Pantai Pancer bayarnya dobel. Tapi, sampahnya dibiarkan,” timpal pengunjung wisata yang lain.(hans)