Macet Lumajang - Probolinggo Parah Hingga Polisi Urai lalin Dengan Tali Rafia

Iklan Semua Halaman

Macet Lumajang - Probolinggo Parah Hingga Polisi Urai lalin Dengan Tali Rafia

05/05/2022



 Probolinggo (jurnalbesuki.com) - Kemacetan yang terjadi diruas jalan Lumajang - Probolinggo sangat parah. Titik macet yang diinformasikan terjadi sejak exit tol leces probolingo hingga ke ruas jalan Ranuyoso Lumajang itu membuat perjalan andek tidak bergerak berjam-jam.


Pihak kepolisian yang langsung turun tangan mengatasi kemacetan harus mengurai dengan cepat dan tepat. Dipertigaan malasan Polisi memasang tali rafia untuk menghalau kendaraan dari arah Lumaang yang hendak belok kanan ke Leces Probolinggo. 


Pemasangan Tali rafia yang dipadu dngan bambu itu dilakukan dipertigaan agar kendaraan tidak langsung berbelok ke kanan. tetapi diarahakan kekiri dulu untuk kembali kearah Lumajang untuk berputar lebih jauh.


KBO Satlantas Polres Probolinggo Iptu Siswandi mengatakan, rekayasa lalu lintas itu dilakukan untuk meminimalisir pertemuan kendaraan di pertigaan itu yang akan memperparah kendaraan. Dia pun meminta pengendara bersabar.


"Ada kurang lebih 35 anggota Satlantas Polres Probolinggo dan Polsek Leces yang mengatur arus lalu lintas. Kami melakukan rekayasa arus lalu lintas dan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif, tapi karena volume kendaraan terlalu banyak arus lalu lintas tersendat. Ini sudah mulai lancar," ujarnya.


Dia mengatakan, volume kendaraan masih di masa cuti bersama ini meningkat karena banyak warga melakukan mudik lokal untuk bersilaturahmi, ada juga yang memanfaatkan waktu libur lebaran ini dengan berlibur ke sejumlah tempat wisata.


Selain itu ada beberapa faktor lainnya. Misalnya di kawasan Malasan, salah satu titik yang menyebabkan kemacetan adalah rel kereta api Malasan. Lokasinya yang agak ke dalam membuat kendaraan yang melintas harus menurunkan kecepatan.


Kemacetan juga terjadi di kawasan Leces menuju Lumajang, dampak dari Pasar Tumpah Ranuyoso. Aktivitas di pasar itu bahkan telah membuat lalu lintas merambat sejak pukul 09.00 WIB. Lokasi lainnya di exit tol Probolinggo Timur yang mana kendaraan dari tol dan arteri saling bertemu.(detikjatim.com/hans)