Lebaran, BI Siapkan Rp. 4,98 Triliun Untuk Wilayah Eks Karesidenan Besuki Plus Lumajang

Iklan Semua Halaman

Lebaran, BI Siapkan Rp. 4,98 Triliun Untuk Wilayah Eks Karesidenan Besuki Plus Lumajang

06/04/2022


Jember (jurnalbesuki.com) - Jelang lebaran idul fitri 1443 Hijriah, Bank Indonesia (BI) telah mempersiapkan auang tunai senilai Rp. 4,89 Triliun untuk memenuhi transaksi perbankan diwilayah Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, banyuwangi dan Lumajang.


Informasi dari phak BI, pasokan uang yang disiapkan beredar tahun ini mengalami peningkatan sebsar 61,16 persen dibanding tahun lalu yang mencapai angka Rp. 3,09 Triliun.


"Komposisinya Rp4,56 triliun uang pecahan besar dan 420 miliar uang pecahan kecil," ujar Kepala Perwakilan BI Jember, Yukon Afrinaldo dalam keterangan pers pada Selasa, 5 April 2022.


Peningkatan itu dikarenakan lebih optimalnya Transaksi keuangan Kartal Antar Bank (TUKAB) yang terjadi. "Mekanisme pemenuhan uang tunai suatu bank dengan mendahulukan sumber pemenuhan dari bank lain sebelum melakukan penarikan di Bank Indonesia," imbuh Aldo.


Aldo menerangkan, penurunan ini juga dipengaruhi dari implementasi mesin ATM setor tarik tunai atau cash recycling machine (CRM) di beberapa bank.


Sementara, untuk lokasi penukaran uang, pihaknya telah menyedikan 81 titik penukaran lewat loket bank umum.


Sedangkan, layanan penukaran uang bisa dilakukan terhitung sejak tanggal 4 sampai 28 April 2022. (hans)