Kenali 4 Bahan Makanan Yang sangat Bagus Untuk Kekebalan Tubuh Anak

Iklan Semua Halaman

Kenali 4 Bahan Makanan Yang sangat Bagus Untuk Kekebalan Tubuh Anak

09/04/2022

jurnalbesuki.com - Kekebalan tubuh anak sangat dipengaruhi oleh asupan makanan sehari-hari. Kesehatann fisik dan psikis anak sangat berhubungan dengan makanan. Jika asupan makan anak bagus dan bergizi seimbang, maka anak tidak hanya akan sehat fisik tetapi uga prima dalam menjalani aktifitas sehari-hari dengan maksimal.


Mau tidak mau, orang tua harus mengenali dengan baik berbagai jenis makanan yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. 


Terlebih lagi, anak-anak masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga kesehatannya sangat penting untuk diperhatikan. Makanan yang dikonsumsi oleh anak seharusnya tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga menyehatkan dan mendukung tumbuh kembangnya.


Sebagaimana dilansir kompasdotcom, berikut adalah jenis bahan makanan yang bagus untuk diasupkan kepada anak-anak agar pertumbuhan dan perkembangannya bagus.


1. Yogurt 

Yogurt merupakan makanan sehat yang mengandung bakteri baik yang disebut probiotik.  Bakteri baik tersebut hidup di usus dan dapat meningkatkan cara tubuh dalam menggunakan nutrisi makanan.  Tetapi, mereka juga penting dalam membantu tubuh melawan penyakit.  Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi yogurt memiliki risiko 19% lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan. 


2. Kacang kenari 

Kacang kenari memiliki asam lemak omega-3 yang sehat, yang baik untuk kesehatan dalam banyak hal.

Para ahli percaya bahwa omega-3 membantu tubuh melawan penyakit. 


Satu studi kecil menemukan bahwa omega-3 mampu mengurangi jumlah infeksi pernapasan pada anak-anak.  Untuk konsumsinya, kacang kenari dapat ditaburkan ke dalam campuran makanan ringan atau sereal sehingga mudah dikonsumsi. 


3. Buah-buahan dan sayuran Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, Jennifer McDaniel, MS, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menyarankan untuk memilih makanan yang tinggi vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, paprika, brokoli, dan ubi jalar.  Meski demikian, para ahli tidak sepenuhnya yakin seberapa banyak vitamin C yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kesehatan. 


4. Daging tanpa lemak 

Makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak yang berikutnya adalah daging tanpa lemak. 

Daging tanpa lemak memiliki protein yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.  Daging tanpa lemak juga mengandung zinc, yang tampaknya membantu sel darah putih melawan infeksi, kata McDaniel.