Jembatan Klungkung Yang Dihancurkan Banjir Kini Dibangun Dengan Konstruksi Modern

Iklan Semua Halaman

Jembatan Klungkung Yang Dihancurkan Banjir Kini Dibangun Dengan Konstruksi Modern

20/04/2022

Jember (jurnalbesuki.com) - Jembatan Desa Klungkung  Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember yanag beberapa waktu lalu dihancurkan oleh bencana Banjir, kini dibangun lagi. Pembangunan langsung ditangani pihak Pemkab Jember dengan desain yang kokoh dan modern.


Jembatan itu adalah penghubung antara kelurahan Jumerto dengan Desa banjar sengon kecamatan Patrang. Sekaligus juga menjadi penghubung antara desa Karangpring Kecamatan Sukorambi dengan Klungkung sendiri. 


Bupati Jember, Hendy Siswanto mengaku optimis bahwa jembatan itu akan selesai menjelang lebarang mendatang. “Tempo hari putus kena banjir besar. Jembatan itu satu-satunya yang menghubungkan empat desa. Kalau tidak ada jembatan itu, mereka harus berputar delapan kilometer,” kata Hendy, saat meninjau jembatan di sisi Patrang, Selasa (19/4/2022).


Jembatan dengan panjang 33 meter dan lebar delapan meter itu dibeton total. “Total selesainya Juli 2022. Ini jembatan luar biasa. Keren jembatannya. Ini total beton semua, concrete. (Diharapkan bisa bertahan) seratus tahun. Semua pakai sumuran dalam. Lebar fondasinya 2,5 meter,” kata Hendy.


Jembatan Klungkung dilewati Sungai Jompo yang merupakan pertemuan Kali Jompo dan Sungai Pulo. Keduanya berasal dari lereng Gunung Argopuro. Ambruknya Jembatan Klungkung karena diterjang banjir pernah terjadi pada 2019.


Pemerintah kemudian membangun jembatan sementara yang terbuat dari kayu. “Itu memang jembatan darurat. Tahun 2019 jembatan permanen putus. Rencananya akan diperbaiki awal Februari ini,” kata Kepala Desa Klungkung Abdul Gofur, medio Januari silam.(hans)