Inilah Penyebab Sembelit dan Penyebabnya Menurut Sains

Iklan Semua Halaman

Inilah Penyebab Sembelit dan Penyebabnya Menurut Sains

09/04/2022


 jurnalbesuki.com - Salah satu penyakit yang sering menyerang seseorang adalah sembelit. Penyakit yang mudah menyerang itu sebenarnya disebabkan oleh gangguann pencernaan. 


Beberapa kelompok yang lebih mudah terserang sembelit antara lain: orang tua, ibu hami dan setelah melahirkan, orang-orang yang mengkonsumsi obat-obatan dan orang yang mengalami ganguan syaraf.



Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang banyak terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Namun, sembelit lebih mudah menyerang beberapa kelompok tertentu. Contohnya adalah orangtua, ibu hamil dan setelah melahirkan, orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan gangguan saraf. 


Proses terjadinya sembelit terjadi ketika usus besar menyerap air terlalu banyak dari sisa makanan yang berada di dalam usus. Hal ini menyebabkan feses menjadi kering dan sulit didorong keluar dari saluran pencernaan. 


Jika sembelit tidak diatasi, sembelit bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Beberapa diantaranya adalah hemoroid, fisura ani, infeksi, feses menumpuk di usus, hingga kehilangan kemampuan menahan buang air kecil. 


Penyebab 


Dilansir dari National Health Services (NHS), penyebab sembelit adalah sebagai berikut: 

1. Kurang makan serat, seperti buah dan sayur 

2. Kurang cairan

3. Menghabiskan waktu yang lama dalam satu posisi, contohnya berbaring di tempat tidur saja 

4. Kurang gerak dan tidak berolahraga 

5. Efek samping obat, seperti obat antidepresan, antasid, suplemen zat besi, obat tekanan darah tinggi, dan obat alergi 6. Stres, kecemasan, dan depresi 

7. Mengubah kebiasaan harian 

8. Sering menahan buang air besar 

9. Sedang hamil hingga 6 minggu setelah melahirkan


Jika penyebab sembelit diketahui secara spesifik, Anda bisa mengatasi sembelit dengan cara menghilangkan penyebabnya. Jika kasus cukup parah, dokter mungkin meresepkan obat pencahar.

(sumber: kompas.com/hans)