Inilah 13 Fadhilah Membaca Surat Yasin Yang Perlu Diketahui

Iklan Semua Halaman

Inilah 13 Fadhilah Membaca Surat Yasin Yang Perlu Diketahui

15/04/2022

 

jurnalbesuki.com - Surat Yasin adalah salah surat yang sangat akrab bagi umat islam. Banyak keterangan yang menjelaskan keutamaan surat tersebut. Sehingga tak heran jika umat isla rata-rata selalu membaca surat yasin sebagai bentuk doa kepada Allah SWT.


Surat ke 36 dalam alqur'an itu terdiri dari 83 ayat dan termasuk dalam golongan surat makkiyah karena turunnya surat itu kepada nabi Muhammad Saw ketika berada di Makah. 


Kandungan dalam surat Yasin cukuplah luas, jadi tidak heran jika surat ini dianjurkan untuk dibaca serutin mungkin. Di mana pada kandungan surat Yasin membahas beberapa hal di antaranya, tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, adanya peringatan akan kematian, hari akhir, kisah perjuangan para syuhada dan juga pokok-pokok keimanan.  


Surat Yasin sering kali dibaca oleh umat Muslim untuk mengirim doa pada mereka yang sudah lebih dulu meninggalkan kita. Dengan doa yang dipanjatkan, berharap bisa meringankan segala siksa kubur. Biasanya, orang-orang lebih memilih malam Jumat untuk mengamalkan surat Yasin. 


Tapi meski begitu, surat Yasin tidak selalu harus dibaca pada saat malam Jumat. Semua malam itu baik dan sama-sama akan mendapatkan kebaikan. Nah berikut ini akan kami bagikan betapa dahsyatnya keutamaan surat Yasin bagi mereka yang mengamalkannya.


Keutamaan Surat Yasin, 


Seperti surat dalam kitab Alquran lainnya, surat Yasin juga memberikan banyak keutamaan yang mungkin belum semua umat Muslim mengetahuinya. Jika kalian sudah memahami dan mengetahui, betapa luar biasanya keutamaan yang didapat membaca Surat Yasin. Tidak ada salahnya untuk mengamalkannya dengan rutin atau istikamah. Adapun berikut ini keutamaan surat Yasin bagi mereka yang membaca dan mengamalkannya.


1. Dianggap Mati Syahid Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat Yasin setiap malam hari, maka dia akan dipermudah ajalnya. Bahkan, saat meninggal orang tersebut dalam keadaan syahid. Dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid,” (HR At-Thobroni).


2. Hati Jadi Lebih Tenang


Tidak hanya zikir, membaca Alquran juga mmapu membuat yang membaca merasa tenang dan damai. Sama halnya dengan yang berzikir, mereka yang mengamalkan surat Yasin pun membuat hati jadi lebih terasa damai dan tenang. Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “(yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram,” (QS Ar-Ra’ad :28).


3. Meningkatkan Keimanan


Rasulullah SAW bersabda: “Surat Yasin adalah jantung Alquran. Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).


4. Diberikannya Kemuliaan 


Dengan membaca Alquran secara rutin termasuk juga surat Yasin, maka seseorang akan dimuliakan oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis: “Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat.


Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Alquran),” (HR Abu Daud).


5. Diampuni Segala Dosa 


Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa tersebut seperti yang dinyatakan dalam hadis riwayat At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra.


“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra). 


6. Terhindar dari Siksa Kubur 


“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin, maka pada hari itu, Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373) 


7. Dipermudah saat Sakaratul Maut


“Membaca surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi ) “Disunnahkan membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)


8. Dianggap Keluarga Oleh Allah


Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis: ”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Rasulullsah SAW ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab: ’Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya,” (HR Ahmad dan Ibnu Majah). 


Tahukah kalian jika ternyata membaca surat Yasin secara istikamah memiliki keisitimewaan luar biasa. Salah satunya Anda akan dianggap keluarga oleh Allah SWT. Ini tentu benar-benar luar biasa dan suatu kemuliaan bagi mereka yang benar-benar membaca bahkan menghafalnya.


9. Memberi Syafaat Diakhirat


Dari Abu Umamah Al-Bahili RA berkata bahwa dirinya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya,” (HR Muslim).


Perumpamaan seorang mukmin yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah tamr (kurma) tidak ada aromanya namun rasanya manis. Perumpamaan seorang munafik namun rajin membaca Alquran adalah seperti buah Raihanah yang aromanya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpaan seorang munafik yang tidak rajin membaca Alquran adalah seperti buah Hanzhalah yang tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit,” (HR Bukhari dan Muslim).


11. Diberikannya Cahaya di Kegelapan 


Hal ini sesuai dengan hadis dari Rasulullah SAW:


“Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Alquran sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari, maka bacalah dengan sungguh-sungguh,” (HR Baihaqi). 


12. Diberikannya Pahala seperti Orang Bersedekah 


Pahala seperti Orang Bersedekah Rasulullah SAW bersabda:


“Orang yang membaca Alquran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).


13. Dipermudah Segala Urusannya 


“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 hal. 549) 


Ternyata dengan membaca surat Yasin dapat mempermudah berbagai masalah hidup yang sedang dialami. Mulai dari masalah pertengkaran, utang, hingga masalah hubungan yang membuat pikiran tak tenang. 


Itulah tadi dahsyatnya keutamaan surat Yasin bagi mereka yang membaca hingga menghafalnya. Sungguh luar biasa bagi mereka yang mampu mengamalkannya dengan rutin dan istikamah. Hal tersebut lantaran, keutamaan surat Yasin yang benar adanya.