Cara Gampang Mengatur Pernafasan Saat Melakukan Meditasi

Iklan Semua Halaman

Cara Gampang Mengatur Pernafasan Saat Melakukan Meditasi

23/04/2022


jurnalbesuki.com - Meditasi adalah jenis kegiatan yang bermanfaat untuk kembali menstandaran pikiran. Dengan melakukan Meditasi, tubuh akan menjadi lebih nyaman. Selain itu, pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, serta dapat membantu mengurangi stres.


Melakukan Meditasi dengan memusatkan pernafasan sesungguhnya bukanlah hal yang sulit. Apalagi jika dibandingkan dengan manfaat yang didapat oleh pelaku. Meditasi pernapasan adalah salah satu jenis meditasi yang pusat perhatiannya diarahkan pada kegiatan pernafasan. Jadi seseorang terus menerus secara sadar memperhatikan keluar masuknya udara melalui hidung.


Meditasi pernapasan ini adalah jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan. Pernapasan dalam dapat meningkatkan konsentrasi dan sirkulasi oksigen ke otak, mengendurkan otot – otot yang menegang serta melancarkan tekanan darah. 


Nah. Dibawah ini adalah cara – cara melakukan meditasi pernapasan ala Riliv yang dapat kamu coba aplikasikan dirumah:


Duduklah dengan nyaman


Duduklah dengan posisi punggung lurus, dan kepala tegak keatas. Duduk bersilalah di lantai dengan meletakkan telapak kaki kanan di atas paha kiri dan telapak kaki kiri di atas paha kanan, atau jika kamu merasa tidak nyaman, kamu bisa duduk bersila biasa atau duduk di kursi. Berpakaianlah dengan santai dan nyaman.


Tutup mata


Setelah Anda memilih postur tertentu, amati bagian tubuh yang terasa tegang lalu abaikan. Tutuplah mata, dan lepas semua ketegangan atau pikiran yang mengganggu. Cobalah untuk rileks, dan menyesuaikan mata dalam kegelapan.


Mulailah bernafas dengan santai


Bersantailah dengan mengambil napas perut (bernapas menggunakan diafragma). Bernapaslah perlahan-lahan melalui hidungmu. Untuk membantu kamu bernapas dengan santai, bayangkan balon kecil tepat di bawah pusarmu. Saat kamu menarik napas melalui lubang hidung, bayangkan balon itu menggembung dengan lembu, saat kamu mengeluarkan napas melalui lubang hidung kamu, bayangkan balon perlahan-lahan mengempis.


Meditasi pernapasan mewajibkanmu fokus pada pernapasan


Setelah pikiranmu tenang dan terkendali, arahkan perhatian pada bagian tubuh tertentu agar kemu lebih mudah merasakan napas dan berkonsentrasi, seperti ujung hidung atau bagian tengah bibir, rongga hidung, rongga mulut bagian belakang, dada, atau perut dimana kamu bisa merasakan aliran udara di bagian tubuh tersebut.


Hitung napas saat melakukan meditasi pernapasan 


Dalam meditasi pernafasan, napasmu menjadi objek fokusmu. Ketika kamu menarik napas, hitung napas pertama sebagai “satu.” Nafas kedua  adalah dua, dan seterusnya sampai kamu mencapai sepuluh. Kemudian kamu mulai lagi dari satu. Hitung diam-diam untuk diri sendiri, dan jika kamu kehilangan hitungan, mulai saja dari satu.


Apabila pikiran terganggu saat meditasi pernapasan, biarkan saja Lanjutkan latihan ini selama sekitar 20 sampai 30  menit. Jika kamu bisa, lakukan latihan ini dua kali dalam sehari secara teratur.


Selamat Mencoba...!