Usai Libur Lebaran 2024, Puluhan ASN Pemkab Situbondo Bolos Kerja

Iklan Semua Halaman

Usai Libur Lebaran 2024, Puluhan ASN Pemkab Situbondo Bolos Kerja

16/04/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com)  - Usai cuti bersama libur lebaran tahun 2024, sebanyak 50 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Situbondo, mereka bolos kerja pada hari pertama masuk kerja, Selasa (16/4/2024).


Terungkapnya puluhan ASN disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Situbondo, bolos kerja usai libur lebaran 2024. Saat Bupati Karna Suswandi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada hari pertama masuk kerja.


Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, jika  puluhan ASN yang tidak masuk kerja  pada  hari pertama kerja, mereka yang memang dalam masa cuti dan sebagian terjebak macet.


"Jadi, 50 orang ini memang dalam masa cuti dan ada sebagian yang masih dalam perjalanan,"ujar Bupati Karna Suswandi, usai sidak ke sejumlah OPD Pemkab Situbondo, Selasa (16/4/2024).


Menurut dia, jika dibandingkan pada lebaran  tahun 2023 lalu, ada peningkatan kedisiplinan ASN pada hari pertama masuk kerja. Pada lebaran tahun 2023 lalu, tercatat sebanyak 100 orang ASN yang absen di hari pertama masuk kerja setekah cuti Lebaran usai. 


"Pada lebaran tahun 2023 lalu, tercatat  100 orang lebih yang tidak masuk di hari pertama kerja. Ini terbukti, bahwa disiplin pegawai sudah mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Makanya, untuk tahun ini, ada peningkatan kedisiplin ASN,"bebernya.


Sementara itu, Samsuri Kepala BKP SDM Pemkab Situbondo menegaskan, jika absensi ASN di lingkungan Pemkab Situbondo, terpantau melalui Sistem Informasi Absensi Pegawai Kabupaten Situbondo atau SI-AKSI. Ada 6.800 orang ASN terdiri dari PNS dan PPPK.


"Dari 6.800 ASN yang ada di lingkungan Pemkab Situbondo, 50 orang di antaranya tidak masuk di hari pertama kerja,"katanya.


Menurutnya, meski sebanyak 50 ASN yang absen  di hari pertama masuk kerja, mereka tidak dikenakan sanksi, seiring dengan keputusan Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas.


"Yang menerapkan kombinasi tugas kedinasan dari kantor dan dari rumah bagi ASN pada Selasa (16/4) hingga  Rabu (17/4),"pungkasnya.(ary)