Perahunya Karam Diterjang Cuaca Ekstrem, Tiga Nelayan Situbondo Berhasil Diselamatkan

Iklan Semua Halaman

Perahunya Karam Diterjang Cuaca Ekstrem, Tiga Nelayan Situbondo Berhasil Diselamatkan

10/03/2024

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Selain mengakibatkan puluhan perahu nelayan yang sandar di bibir pantai disepanjang pantai utara Situbondo rusak. Namun,  cuaca ekstrem juga mengakibatkan perahu kayu yang ditumpangi tiga nelayan  karam di perairan Kalbut, Mangaran, Situbondo.


Beruntung berkat kesigapan petugas Satpolairud Polres Situbondo dan warga sekitar, sehingga tiga  nelayan tersebut  berhasil diselamatkan, dua orang langsung diantar ke rumahnya, sedangkan seorang nelayan dievakuasi ke Puskesmas Mangaran, karena muntah-muntah dan pusing.


Tiga nelayan yang berhasil diselamatkan, karena perahumya karam di perairan Kalbut, mereka adalah Asmojo (60), Busali (55) dan Sadun (50), ketiganya warga Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo.


Diperoleh keterangan, sebelum perahu kayu tanpa nama yang ditumpangi tiga nelayan karam,  mereka bermaksud  hendak pulang usai melaut, namun saat tiba di perairan Kalbut, Kecamatan Mangaran dihantam gelombang tinggi, sehingga perahunya karam dilokasi kejadian, sedangkan tiga nelayan  terlempar ke laut.


Mengetahui ketiga nelayan tersebut mengapung menggunakan alat seadanya,  petugas Satpolairud yang bersiaga bersama  para nelayan setempat, mereka langsung mengevakuasi tiga nelayan tersebut ke bibir pantai.


Kasat Polairud Polres Situbondo, AKP Gede Sukarmadiyasa membenarkan, jika tiga  nelayan yang perahunya karam diterjang cuaca ekstrem berhasil diselamatkan, setelah sempat mengapung menggunakan alat seafanya.


"Ketiganya berhasil dievakuasi dalam kondisi  selamat, dua nelayan diantar ke rumahnya. masing-masing, sedangkan korban Sadun sempat di bawa ke Puskemas Mangaran, karena  pria 50 tahun sempat muntah-muntah,"ujar AKP Gede Sukarmadiyasa, Minggu (10/3/2024).


Menurut dua, karena dalam beberapa hari  cuaca ekstren melanda kawasan Situbondo, pihaknya menghimbau  kepada para nelayan agar berhati-hati saat melaut, agar membawa peralatan seperti baju pelampung saat melaut.


"Kami tetap siaga dan pastinya kami terus menghimbau kepada para nelayan untuk selalu waspada dengan cuaca  eksream, pakai perlengkapan yang aman, dan selalu memperhatikan cuaca,"pungkasnya.(ary)