Ceramah Lucu KH Mushoddiq Fikri Farouq: Jangan Mempersulit Diri Karena Allah Tidak Pernah Mempersulit Dirimu

Iklan Semua Halaman

Ceramah Lucu KH Mushoddiq Fikri Farouq: Jangan Mempersulit Diri Karena Allah Tidak Pernah Mempersulit Dirimu

23/04/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Pengasuh Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin, KH. Mushoddiq Fikri farouq mewanti-wanti para jamaah yang hadir mengikuti pengajian 'kajian Kitab Hadits Arbain An-nawawi' agar jangan sekali-kali mempersulit diri dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. 


Menurut Kyai yang biasa disapa Gus Fikri itu, banyak orang yang saat ini merasa bahwa jika melakukan komunikasi dengan Allah harus menggunakan bahasa arab. "Padahal kita ini bukan orang arab," ujarnya. 


Padahal Allah adalah Dzat yang mengetahui. "Setiap orang yang hendak menyampaikan hajat kepada-Nya sesungguhnya tidak sampaikan diutarakanpun Allah pasti sudah mengatahui dengan sangat baik. tetapi kenapa kita kalau berdoa dianjurkan untuk diutarakan dengan bahasa lisan? ya karena itu ajaran kanjeng Nabi sehingga menjadi sunnah,'terang Gus Fikri.


Oleh karena itu, menyampaikan doa kepada Allah jika memang tidak bisa dengan menggunakan bahasa arab, sebaiknya disampaikan dengan bahasa yang dikuasainya. Jangan sekali-kali memaksakan diri untuk menggunakan bahasa arab.


Secara kelakar, Kyai yang dikenal penyampaian Dakwahnya banyak diselingi Humor serius itu menceritakan ada suami istri yang sedang bersemangat menjalankan ibadah. karena dulu tidak pernah belajar membaca tulisan arab maka dibelilah beberapa buku cara berdoa dan beribadah.


Suatu malam, selesai sholat dengan istri dirumah, sang suami mengambil buku dan mulai berdoa. "Allahumma..... (ya Allah)... diulang berkali kalimat itu hingga suaminya menangis," kata Gus Fikri dalam ceritanya.


Sang istri yan duduk dibelakangnya merasa terharu melihat suaminya menangis sehingga terbawa suasana dan ikut menangis sambil melantunan kata "aamiinnnn" berulang-ulang.


Usai berdoa, istrinya bertanya kepada suami terkait doa yang dilantunkan yang membuatnya menangis. "Saya terharu dan bahagia mas sangat khusyuk berdoa bahkan sampai menangis,' ujar sang istri.


Suamipun menjawab "Siapa yang khusuk berdoa?, tadi itu aku nangis karena buka doa itu tulisannya arab dan aku gak bisa membacanya," jawab suami.


Istri "Haaaaaaaaaaaaaaaaaaa"


Silahkan ditonton sampe selesai. Semoga bermanfaat...!