Jelang Nataru, Petugas Rutan Situbondo Geledah Blok Hunian WBP

Iklan Semua Halaman

Jelang Nataru, Petugas Rutan Situbondo Geledah Blok Hunian WBP

08/12/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Untuk mengantisipasi gangguan keamanan menjelang hari natal dan tahun baru (Nataru), petugas Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Situbondo, Kamis (7/12/2023) malam,  melakukan penggeledahan ke seluruh blok  kamar hunian Warga Binaan Pemasyaratan (WBP) Rutan Situbondo.


Namun, dalam kegiatan penggeledehan yang dipimpin langsung Kepala Rutan IIB Situbondo Rudi Kristiawan, petugas tidak menemukan 

ponsel, narkoba, fasilitas mewah kamar hunian para WBP di Rutan Situbondo.


"Sehingga dengan tidak ditemukan sejumlah  barang berbahaya. Itu menandakan salah satu indikator Rutan Situbondo zero terhadap Halinar (HP, Pungli dan Narkoba),"ujar Rudi Kristiawan, Kepala Rutan Situbondo, Jumat (8/12/2023).


Menurut dia, penggeledahan ke semua blok hunian WBP ini, merupakan kegiatan rutin untuk meningkatkan kewaspadaan, utamanya menjelang Nataru tahun 2024.  


"Ini merupakan upaya deteksi dini, untuk mengantisipasi gangguan keamanan disejumlah blok hunian Rutan Situbondo,"katanya.


Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Rudi menambahkan, jika kegiatan penggeledahan tersebut sesuai surat edaran (SE)  tentang kewaspadaan Nataru dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur.


"Sehingga respon petugas Rutan Situbondo, dalam melakukan penggeledahan yang sangat baik untuk selalu waspada, dengan menerapkan back to basic pemasyarakatan, mendapat apresiasi Heni Yuwono Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim,"pungkasnya.(ary)