Panen Program Budidaya Ikan Lele, Rutan Situbondo Hasilkan 40 Kilogram

Iklan Semua Halaman

Panen Program Budidaya Ikan Lele, Rutan Situbondo Hasilkan 40 Kilogram

01/11/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Rumah Tahanan Negara (Rutan)  Kelas IIB Situbondo,  melakukan panen raya ikan lele, puluhan kilogram ikan lele yang panen itu, merupakan hasil budidaya warga binaan pemasyarakatan (WBP) di tempat  sarana asimilasi dan edukasi Rutan Situbondo, Jawa Timur, Rabu (1/11/2023).


Bahkan, sebanyak 40 kilogram ikan lele yang dipanen itu, merupakan hasil  program pembinaan  kemandirian budidaya ikan lele. Tujuannya, untuk  membantu warga binaan dalam menambah wawasan dan keterampilan baru dunia wiraswasta  dibidang perikanan. 


"Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Rutan Situbondo,  karena dapat melaksanakan panen,  dengan  hasil panen  ikan lele yang banyak,  sehat dan segar, tentunya budidaya lele ini akan terus kami jaga dengan baik sehingga terus menghasilkan lele yang berkualitas,"ujar Rudi Kristiawan, Kepala Rutan Situbondo, Rabu (1/11/2023).


Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono mengapresiasi hasil panen ikan lele itu,  menunjukkan keberhasilan pembinaan kemandirian melalui SAE  di Rutan Situbondo. Dengan tujuan, untuk memberikan bekal keterampilan kepada para WBP, sehingga keterampilan tersebut dapat mereka gunakan ketika bebas nanti. 


“Ini sangat luar biasa, dan menjadi kebanggaan kami di Kemenkumham. Ini sebagai bekal warga binaan sebelum kembali ke masyarakat. Makanya, saya mengapresiasi kepada petugas  yang terus mendorong, memberikan  pembinaan dan pelatihan seperti ini. Oleh karena kedepan harus ditingkatkan,"pinta  Heni.(ary)