Serunya Lomba Panjat Pinang RSMS Situbondo, Puluhan Peserta Berjatuhan ke Sungai

Iklan Semua Halaman

Serunya Lomba Panjat Pinang RSMS Situbondo, Puluhan Peserta Berjatuhan ke Sungai

03/09/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Serunya lomba panjat pinang di aliran sungai di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, yang digelar dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke-78 dan HUT ke-8 Rumah Sakit Mitra Sehat (RSMS) Situbondo, Jawa Timur, Minggu (3/9/2023).


Pasalnya, lomba panjat pinang yang diikuti 10 tim dari sejumlah RT di Kelurahan Mimbaan dan Desa Curah Jeru, Kecamatan Panji, Situbondo. Namun, hanya satu tim yang berhasil naik dan mengambil bendera di puncak pohon pinang tersebut,  sedangkan sembilan tim yang lain anggotanya  berjatuhan ke sungai.


Pantauan  dilapangan, kegiatan lomba panjat pinang dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 78 dan HUT ke 8 RSMS Situbondo,   diikuti sebanyak  10  tim. Rinciannya, masing-masing tim beranggotakan tujuh orang. Sehingga setiap tim bahu membahu untuk dapat menaiki untuk  meraih berbagai macam hadiah,  yang terikat di atas pohon pinang tersebut.


Menariknya, lomba panjat pinang tersebut mendapat perhatian warga setempat. Bahkan, sebelum lomba panjat pinang  dimulai,   ratusan warga sekitar mulai terlihat berjejer di bantaran sungai di wilayah perkotaan tersebut.


Sehingga kegiatan lomba panjat pinang tersebut membuat tertawa para penonton. Sebab, sebelum meraih berbagai hadiah yang diikat  di atas pohon pinang. Para peserta diketahui  berjatuhan ke sungai, akibat pohon pinangnya yang licin karena dilumuri stemplet.


“Gimana tidak tertawa mas, sebelum peserta sampai ke atas untuk mengambil hadiah, mereka sudah berjatuhan ke sungai,”ujar Sahuri, salah seorang warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Minggu (3/9/2023).


Sementara itu, Imam Hidayat RSMS Situbondo mengatakan, pihaknya sengaja menggelar lomba yang cukup merakyat,  dalam momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dan HUT ke 8  RSMS  Situbondo, yakni  kegiatan lomba panjat pinang.


“Lomba panjat pinang ini, merupakan rangkaian lomba dalam rangka  HUT kemerdekaan RI dan HUT ke 8 RSMS Situbondo. Sebelumnya, kami juga menggelar jalan santai dan berbagai lomba unik yang lain,"ujar Imam Hidayat.


Menurutnya, karena lomba panjat pinang sangat merakyat, dan sangat ditunggu oleh masyarakat. Sehingga  pihaknya mengagendakan lomba ini akan diselenggarakan setiap tahun.


“Selain untuk menghibur pada momen  HUT kemerdekaan RI ke 78 dan HUT ke 8 RSMS Situbondo. Kegiatan lomba panjat pinang juga untuk mendekatkan RSMS dengan masyarakat Situbondo. Mengingat, dengan bertambah usia RSMS Situbondo, akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,"pungkasnya.(ary)